10 Kelebihan Orang Introvert Yang Akan Mengubah Hidup Kamu

Diposting pada

Manfaatkan 10 kelebihan yang akan menguntungkan ini, jika kamu adalah seorang introvert. Meski orangnya pendiam, tidak superaktif, lebih suka menyendiri namun Allah sudah adil dengan memberikan kelebihan kepada orang introvert. Jadi kamu tenang aja, kalo introvert. Tetep ada kelebihannya.

Gali terus, aktifkan. Jadikan sebagai kekuatanmu. Insyaallah dengan bekal 10 kelebihan ini hidup kamu bisa berubah. Berikut ini daftar 10 kekuatan yang dimiliki oleh sebagian besar orang introvert.

1. Fokus Saat Bekerja

Fokus saat bekerja, saat mengerjakan tugasnya. Itu kan menjadikan pekerjaan cepet beres. Fokus itu juga menghasilkan hasil yang lebih baik. Sementara banyak loh orang-orang yang sulit banget buat bisa fokus. Asli. Lha apalagi saat ini, ribuan distraksi dalam genggaman. Notifikasi berdering tiap 2 detik sekali. Facebook, berganti instagram, youtube, group wa, telegram, email. Pyuh! Susah loh bisa fokus.

Tapi introvert gampang. Loh, kok bisa. Iya, sebab dari karakter bawaannya dia itu sudah suka sama kesendirian, kesunyian, itu sudah mendukung untuk mendapatkan suasana fokus. Kalo lagi bekerja, terus fokus introvert biasanya menghasilkan karya yang terbaik. Kuncnya manfaatkan kelebihan mu sebagai introvert dengan selalu fokus saat bekerja.

2. Memiliki persahabatan yang mendalam dan erat

Introvert itu, bukannya nggak suka berteman. Benci persahabatan. Enggak-lah, introvert juga makhluk sosial yang butuh orang lain, kok. Cuma dia itu kan karakternya emang pasif, tidak menyukai tampil di depan orang banyak. Kalo dalam komunitas besar, dia nggak suka. Menghindar.

Tapi dalam komunitas kecil, dia bisa menjadi pemimpin yang hebat. Misalnya, dalam lingkungan keluarga orang introvert nggak akan ada masalah dengan ucapannya, justru dia sangat perhatian sama anak-anaknya, istrinya. Dalam lingkungan bisnis, jika orang introvert memimpin. Dia akan peka sama kebanyakan mitra-mitranya secara merata. Memberi perhatian, dengan menanyakan hal-hal kecil. Saat antara “introvert” dengan “introvert” bersahabat itu ikatannya sangat erat sekali. Dalam serta tak mudah dilupakan, deh pokoknya.

Kiat menjadi introvert yang tak mudah dilupakan

3. Penuh persiapan untuk sesuatu yang akan dilakukan

Introvert tanpa persiapan itu akan kesulitan. Nggak seperti extrover yang dengan santainya tampil. Introvert gak bisa, introveret harus penuh persiapan. Dengan memperhatikan persiapan ini akan memberikan keuntungan berupa hasil yang baik. Performa yang apik. Karya yang hebat. Kuncinya kalo mau apa aja buat besok, kamu harus nyiapinnya dari sekarang.

Ada sebuah quote keren dari Thomas Jefferson, mengenai persiapan. Ini ada dalam buku “Bicara itu ada seninya” Oh Su Hyang

“Untuk pidato tiga menit, kita harus menyiapkan tiga minggu. Untuk pidato 10 menit, memerlukan waktu 1 minggu. Dan jika ingin berpidato selama 1 jam, maka langsung saja.

Makin pendek, makin berkualitas, justru malah butuh persiapan yang lebih banyak.

4. Introvert tak pernah merasa sepi

Eh ini beneran, kesepian itu justru membahagiakan. Bahkan kesepian itu sendiri sudah jadi teman terbaik introvert. Setuju nggak? Kalo aku iya banget, setuju. Butuh waktu menyendiri, perlu suasana sepi untuk berdialog dengan diri dan tuhan (sang pencipta). Jadi kesepian itu meskipun banyak yang membencinya, tapi bagi introvert justru membahagiakan.

5. Mengenal diri sendiri lebih baik

Karena sering melakukan “self-talk” introvert jadi lebih kenal dengan dirinya. Menurut mark manson, ada 4 hal yang harus dikenali yaitu life purpose, personal value, self dicipline, relationship. Coba kamu kenali lebih dalam dirimu, agar bisa berubah kehidupan ke yang lebih baik.

6. Memiliki Kreatifitas Tinggi

Jelas, karena dia (introvert) itu kan pemikir. Lebih mudah untuk menemui kreatifitas. Sebab, kreatifitas itu kan adanya ya difikiran, dunia fantasi, dunia fiksi. Kalo banyak berfikir, maka kreatifitasnya biasnya tinggi. Contohnya deh, JK. Rowling dalam kreatifitasnya membuat serial Harry Potter itu kan kreatif story-nya. Iya kan. Temukan kreatifitas-mu, melalui fikiranmu. Kreatifitas itu akan menjadi milikmu.

7. Bisa menjadi pribadi yang mandiri

Introvert itu nggak sedikit-dikit minta temenin. Inget waktu masih di sekolah dulu? Ada kan temenmu yang mau ke toilet ngajak-ngajak, mau jajan ngajak-ngajak tapi bayarnya tetep sendiri-sendiri. Emang sih extrovert itu jago ngomong, lebih cair lah karakter sikapnya. Mereka yang dulu pas sekolah kaya gitu, biasanya extrovert.

Kalo introvert enggak. Mau apa-apa relatif sendiri, karena itu justru asyik. Bebas. Dan melatih Kemandirian. Selagi bukan hal-hal yang berbahaya, lakukan sendiri aja. Tapi kalo misalnya naik gunung gitu ya jangan, kan berbahaya itu. Mesti ngerti mana yang bisa dikerjakan sendiri, mana yang bareng-bareng itu aja. Intiya introvert lebih mandiri.

8. Introvert itu Pekerja yang Sungguh-sungguh

Introvert karakternya nggak mau mengandalkan orang lain. Dalam bekerja, dia melakukannya dengan sungguh-sungguh. Introvert juga sering bermuhasabah, kadang mengevaluasi julah pendapatan gajinya segini itu apa benar-benar sudah berkah belum ya. Sudah sesuai dengan yang hak, berdasarkan yang aku kerjakan apa enggak ya. Terus barokah apa enggak ini hasil kerjanya. Penuh evaluasi, evaluasi.

Untuk itu, dia adalah orang yang bersungguh-sungguh dalam pekerjaannya. Nggak mau makan gaji buta. Nggak mau ngecewain pimpinannya. Niat bekerjanya biasanya tulus, membantu. Hasil pekerjaannya juga biasanya lebih baik bahkan perprestasi. Kamu yang introvert, pasti ngerasain. Jujur deh. Ya kan! Nah, selanjutnya saya doakan kamu nanti kalo punya bisnis juga bersungguh-sungguh dengan bisnisnya.

9. Kepribadian yang tenang, kalem, sederhana

Introvert dengan kelebihan yang sudah saya uraikan dari nomor 1 sampai 8 itu membuat dia menjadi seseorang yang memiliki karakter tenang, kalem dan sederhana. Yang belum itu nanti bagaimana cara berbicara, kalo bisa itu bicaranya pendek-pendek aja, tapi dalem, tapi bermakna. Berkesan di hati lawan bicara.

Iringi dengan pakaian yang tidak terlalu menggunakan model aneh-aneh, polos aja. Satu warna misalnya abu-abu. Meski kalem, tapi kalo bicara harus jelas ya. Biar berkarakter. Kalo ada apa-apa jangan langsung ditelen mentah-mentah, cek dulu kevalidannya. Sehingga kamu bisa tetap tenang. Nggak kagetan, nggak panik.

10. Pemimpin yang karismatik

Aha, ini adalah poin paling saya idam-idamkan. Seorang introvert adalah sedang menjalani training selama hidupnya selagi dia belum menemukan jati dirinya. Trial and eror membangun skill-nya, membesarkan bisnisnya. Sewaktu gabung sama orang-orang extrovert, sering jadi bahan ledekan. Jujur saya pernah dan sering. Tapi yah, santuy aja. Mereka ngeledeknya tetep sopan kok. Cuma sekedar karena karakter alamiah dia aja yang gak bisa anteng, apalagi ngeliat orang introvert makin gak betah dia buat ngusilin.

Sabar aja. Nikmatin dulu, lalui aja proses-prosesnya. Nanti kamu juga akan sampai pada suatu level kepemimpinan. Insyaallah saat tiba waktunya, kamu akan menjadi seorang pemimpin yang kharismatik. Alasannya sudah banyak banget penderitaan yang dilalui. Juga banyak faktor-faktor pendukung seperti kelebihan-keleebihan dari nomor 1 sampai 9.

Menjadi pemimpin introvert yang kharismatik, adalah top level pencapaian. Terutama kalo dia laki-laki. Meski seorang perempuan juga punya tanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Intinya adalah bahwa seorang introvert baik laki-laki dan perempuan pada esensinya memiliki peran tugas yang mulia, besar dan istimewa. Tugas ini bukan dari saya, tapi dari Allah karena kita sebagai khalifah di bumi.

Esensi Tujuan Hidup Manusia di Bumi itu untuk 2 hal besar ini.

Itu 10 hal yang menjadi kelebihan orang introvert. Penting-penting semua yaa. Semoga aja. Keef Fight! Survive terus. Jadilah cerewet lewat tulisan, kalo kamu perempuan. Jadilah berisik lewat pesan-pesan baik kalo kamu a gentle introverts. Karena emang disitu fitrahnya. Justru kalo omongan cuma dikit-dikit, tapi dalem pesannya. Sip ya.!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.