Artikel ini telah dilihat : 69 kali

2 Skill wajib seorang penulis blog

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim. Jika diminta menyebutkan dua saja skill, yang paling krusial untuk dimiliki seorang blogger. Kira-kira apa yang paling tepat untuk dijawab.

Hmm.. Meski ada banyak skill penting lainnya yang harus dipelajari tapi dua skill utama ini harus dikuasai sementara yang lain bisa dikesampingkan. Apa kira-kira, sehingga kita bisa memaksimalkannya.

Kalau dalam hukum pareto 20/80 dua skill ini adalah skill yang semoga menjadi bagian 20% nya itu. Yang akan memberi impact sebanyak 80% hanya dengan menguasai sedikit (2 skill). Hmm, makin menarik kayaknya ya. Kalau temen-temen tertarik dengan peningkatan skill.

Barangkali bisa kita eksplore bareng-bareng yuk. Biar seandainya pemikiran yang saya sampaikan ternyata kurang tepat, bisa menjadi perbaikan untuk pembaca yang lainnya.

Blogger, Google & Article

Seorang blogger, erat sekali kaitannya dengan google. Mesin pencari yang saat ini jadi andalan hampir semua orang. Sementara blogger, pekerjaan utamanya menulis. Memproduksi konten.

Hasil produknya adalah tulisan (artikel). Ibarat penjual, blogger itu menjual produk berupa tulisan (artikel). Harus dipahami juga bahwa, ada artikel bagus ada artikel biasa.

Tugas kita adalah, menjual produk yang kualitasnya tentu yang bagus kan. Supaya laris, supaya banyak yang beli, supaya hasilnya besar.

Terus berikutnya, google ini berlaku sebagai marketnya. Pasar-nya, dimana orang-orang mencari informasi. Mereka berburu produk melalui pasar google.

Disini apa saja dijual. Jenis artikel apa saja ada. Jadi google tentu saja membuat peraturan (baca algoritma). Cara kerja algoritma ini akan rumit sekali.

Temen-temen bisa baca melalui sumber internalnya google. Ini juga erat kaitannya dengan SEO. Saya nggak akan bahas disini. Intinya adalah, bagaimana kiat supaya produk kita ini bisa masuk ke stand terdepan google (dipajang pada display utama google) halaman 1.

2 Skill utama Blogger

artikel
Article is product creations
  1. Bisa membuat article menarik, unik & berkualitas. (memproduksi konten berkualitas)
  2. Artikel tersebut dibutuhkan banyak orang (memiliki volume pencarian tinggi).

Kenapa Artikel (produk). Bukan SEO ?

Kenapa keahlian menulis saya taruh di nomor satu. Sebab, artikel itu produk utama-nya. Fokus kita seharusnya disini. Bukan di SEO. Seo itu bukan produk, tapi sebuah rules (aturan). Kebanyakan blogger, justru terbalik lebih mengutamakan fokus di SEO.

Akibatnya apa?

Kalaupun bisa ditemukan dan berhasil nangkring di nomer satu google. Tetapi ternyata artikelnya tidak menarik, tidak benar-benar dibutuhkan pengguna.

Maka penulis alias blogger bisa rugi sendiri. Ibarat jualan, pembelinya nggak akan repeat order. Dia akan coba beli ke tempat lain (kompetitor). Ingat, bahwa pembaca juga inget sama penjual (brand).

Lalu, kalau sudah gitu nanti potensi bounce rate juga tinggi. Ini google kurang suka, yang bisa berakibat produk yang telah dipajang dibagian depannya “diswitch” sama produk orang lain. Kan jadi nggak lama, peringkat tu dipertahankan. Kan?

Jadi, fokuslah ke Konten. Bukan ke SEO.

Karena SEO itu bukan produk, melainkan sebuah ukuran atau cara-cara untuk mengoptimasi hasil di mesin pencari. Konten bagus, seo ngikut. Insyaallah, dengan catatan kaidah-kaidah seo on-page nya juga diperhatikan.

Best Seller (dicari banyak orang, populer).

alquran
contoh kata yang volume pencariannya tinggi

Apa yang teman-teman bayangkan kalo denger kata best seller. Penjualan tinggi? Ya. Benar. Begitu juga konten, ada yang dicari banyak orang (volume pencarian tinggi) ada yang sedikit ada yang sama sekali ngga ada yang nyari.

Jadi, kalo diberi pilihan untuk ngambil satu jenis produk (konten) mana jenis yang temen-temen akan pilih? Saya yakin, konten yang paling banyak dicari (populer) lah yang dipilih.

Nah, ketrampilan untuk menganalisa jenis-jenis konten yang paling banyak pencariannya di google inilah yang harus temen-temen kuasai. Beri waktu lebih banyak untuk mempelajari untuk menemukan konten yang paling dicari, dibutuhkan orang.

Ada tools, yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menemukan jumlah konten yang memiliki volume pencarian tinggi. Yaitu: Neilpatel, Ahrefs, Google Trends.

Sekarang bisa dibayangkan. Jika temen-temen punya produk bagus, dibutuhkan banyak orang lalu dijual di pasar yang tepat. Maka kemungkinan hasilnya akan bagus. Memiliki view yang tinggi. Karena artikelnya disukai pengguna, dan direkomendasi oleh google.

Kesimpulannya adalah, fokuskan pada keyword yang memiliki pencarian tinggi.

Temen-temen lalu bikin artikelnya sebaik mungkin.

Kesimpulan

Oke, biar nggak lupa. Saya mau resume lagi, kesimpulan yang harus dikuasai seorang blogger paling utama. Dimana ini semoga merupakan 20% yang akan memberi implikasi hasi sebanyak 80% adalah:

  1. Konten Unik, Menarik & Berkualitas (produk)
  2. Volume Pencarian Tinggi (populer)

Sekian, menurut pemahaman saya seperti itu. Jika teman-teman memiliki ide yang berbeda, silakan beri saya masukan melalui kolom komentar.

Last Updated on 15 Februari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133) | ...Berjihadlah di jalan Allah dengan harta dan jiwa kalian... (At-Taubah 41) | Dan Kami perintahkan manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya... (Qs. Luqman 14).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.