27 Ide Konten Youtube untuk Introvert

Diposting pada

Introvert bisa jadi youtuber. Tak ada batasan berkarya bagi introvert hanya karena sifat pendiamnya. Untuk urusan karya, justru introvert selalu punya ide yang super kreatif. Imajinasinya mengalir seperti sungai nil yang tak pernah kering airnya.

Inilah kesempatannya introvert untuk menjadi youtuber. Ya, sekarang waktunya. Meski yang lain sudah punya banyak subscriber. Tidak berarti kamu terlambat untuk memulai. Kamu masih bisa berkompetisi dengan mereka, kok.

Kamu bisa bersaing dengan mereka bahkan mendahului dengan cara hanya membuat portfolio karya terbaik saja di Youtube. Membuat konten yang dalam-dalam dan bermakna, fokus pada sisi berkualitas. Ini mungkin butuh waktu lebih banyak dan lama.

Tapi tenang saja, nanti hasil yang didapat tidak akan mengkhianati usaha. Nggak usah ikut tren zaman yang serba cepat, karena yang begitu memang mudah menggoda tapi juga mudah dilupakan. Bertahannya singkat. Jadi, tetapkan tujuan besar kamu untuk menyampaikan ajakan kebenaran, sarat dengan ilmu dan hal lain yang sifatnya positif-positif.

Kenapa Harus Youtube ?

sosmed paling banyak dipakai

Ada banyak cara untuk berkarya, tapi mengapa harus jadi youtuber? Beberapa keunggulan sebagai konten kreator youtube karena alasan berikut:

  1. Platform youtube terkoneksi dengan google ads, yang bisa memberikan kesempatan bagi youtuber untuk mendapatkan penghasilan besar hingga ratusan juta melalui penayangan iklan. Adsense Ini artinya passif income. Bikin konten sekali, yang paling bagus sekalian bisa dipanennya bertahun-tahun kemudian.
  2. Menurut data dari statisca.com diatas Youtube adalah sosial media dengan urutan ke-2 setelah facebook, yang paling banyak digunakan. Youtube tempat yang ramai. Artinya peluangnya juga besar. Impact bayaran juga bisa membesar.
  3. Gratis. Berkarya melalui youtube bisa dilakukan tanpa harus membeli domain dan hosting. Alias di awal sudah gratis 100% sejak awal. Jadi, nggak ada lagi alasan untuk memulai bisnis dengan jargon klasik “nggak punya modal.”

Kelemahan Youtube

Selain punya kelebihan, tentu saja youtube juga punya kelemahan. Berikut ini beberapa kelemahan berkarya melalui youtube.

  1. Bukan tempat sendiri. Tempat penyimpanan alias hosting istilahnya. Atau lokasi buat nyimpen video itu di servernya youtube. Jadi karya video kamu disimpan di tempat miliknya youtube. Artinya kamu nggak bisa sepenuhnya menguasai video kamu 100%. Sehingga kamu harus melakukan nomor. 2, yaitu..
  2. Tunduk dan patuh dengan kebijakan youtube. Nggak boleh mencuri hak cipta, atau nyomot karya orang lain. Nanti kalo ketahuan bisa disuspend akun youtube-nya atau akun adsense kamu terus bisa jadi kehilangan penghasilan (rezeki). Asal mengikuti ketentuan alias TOS dari youtube, insyaallah aman gak masalah.

Nah, itulah sekilas aja kelemahannya juga saya sampaikan. Supaya kamu bisa berimbang dalam menggunakan youtube. Oke, next.

Cara menghasilkan uang dari Youtube

Nah, omong-omong soal youtube. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari platform ini melalui beberapa cara. Nggak harus selalu melalui adsense.

1. Melalui Jualan Produk

Untuk awalan, jangan terpaku dengan harus mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan karena masih ada cara lain yang bisa dimanfaatkan seperti, menjual produk langsung baik hard selling, ataupun soft selling.

Awalnya fokus saja pada membangun konten-konten bermanfaat dan berkualitas. Fokus ke Value, bukan uang. Nanti otomatis, subscribers akan naik dengan sendirinya, sambil Anda bisa dapatkan penghasilan dari jualan.

Cara ini cukup ideal, bahkan pada beberapa hasil pencarian yang saya coba sumber dari youtube bisa menduduki halaman 1 di google.

Mungkin karena tingkat persaingan rendah atau mungkin memang dalam menampilkan hasil, google menyodorkan beberapa opsi seperti teks bersumber blog, gambar dari google image dan video dari youtube.

Kalian tahu kenapa sebab yang lainnya, jelas karena Youtube ini adalah produknya Google.

Kalian bisa memanfaatkan SEO melalui media video dengan memposting Produk Kalian di Youtube.

Sudah Gratis, Produk Kalian mudah dikenal. Ujung-ujungnya Closing. Amiin, saya doakan.

2. Melalui Penayangan Iklan (Adsense)

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Mendapatkan penghasilan dari adsense. Kelebihan penghasilan dari adsense adalah seperti passif income.

Kita bikin karya, tapi dibayar sama google.

Udah gitu, kalau awalnya penghasiannya sedikit lama kelamaan akan meningkat, terlebih kalau kontennya selalu diupdate, dikelola dan dikembangkan penghasilan semakin berlipat.

Seru!

Pantes aja, banyak millenial berbondong-bondong datang kesini. Menjadi youtubber dan conten creator secara tiba-tiba. Ada yang berhasil, ada yang nyerah sebelum berhasil.

Ada yang gampang, cepet diterima adsennya dan gajian, ada juga yang harus nunggu lama, sampai pin tidak sampai-sampai. Beda-beda. Masing-masing memiliki keberuntungan tersendiri.

Cara menjadi youtuber yang sukses untuk introvert

Untuk menjadi seorang youtuber yang sukses, pasti harus melalui proses-proses yang tidak singkat. Menurut sebuah situs yang saya baca butuh waktu 3 tahun.

Anda harus rela mengorbankan waktu untuk mempelajari cara kerja youtube, memahami algoritma, meriset konten-konten yang dibutuhkan dan viral, sampai cara dan proses pembuatan konten yang melibatkan banyak orang, alat-alat serta software pengolah video.

Alat-alat yang dibutuhkan, untuk membuat konten Youtube

Yang pasti, tidak selalu harus lengkap dalam memulai. Banyak cara, dan solusi yang bisa dilakukan. Bahkan Anda bisa nge-youtube melalui ponsel Android.

Untuk mempermudah pekerjaan pembuatan konten, serta mendapatkan hasil yang lebih baik sehigga penonton nyaman dan suka.

Setidaknya Anda mempersiapkan alat-alat pendukung berikut ini untuk mendapatkan hasil video yang berkualitas.

  1. Kamera untuk merekam video atau mengambil foto. Bisa sebuah kamera DSLR, Kamera Pocket, atau Kamera HP Android. Sudah banyak kamera dengan resoulusi besar di Android saat ini.
  2. Microphone, untuk merekam audio. Bisa dengan microphone portabel, clip-on, mic dari handphone sampai menggunakan jenis microphone dinamis, kondensor atau impedance.
  3. Pencahayaan atau lighthing. Ini penting banget, supaya hasil gambarnya terang, jernih. Perhatikan jenis cahaya, ada yang putih ada juga yang berwarna kekuningan.
  4. Latar belakang, alias background dan tempat. Anda bisa menggunakan berbagai tempat untuk membuat video. Bisa dari rumah, ruang tamu, ruang dapur, cafe, serta tempat lain.
  5. Tripod atau penyangga. Untuk meletakkan posisi kamera untuk membantu perekaman.
  6. Software video editor, bisa menggunakan adobe premiere pro, openshot, dll.
  7. Kuota internet

Jangan Nunggu Sempurna

Penting banget kalimat diatas dalam berkarya. Jangan pernah nunggu sempurna, tapi mulailah dari apa adanya dulu. Itu prinsip untuk memulai apapun.

Bikin saja jelek dulu nggak papa, nanti perlahan diperbaiki kedepannya. Persis seperti yang james clear bilang dalam buku atomic habbit.

Baca Juga :

  1. Channel Youtube yang Inspiratif untuk dipelajari Introvert
  2. Kamu melupakan 5W + 1H dalam membuat konten
  3. 40 Jenis Pekerjaan yang tepat buat orang Introvert

Si Introvert pada dasarnya tetap bisa berkarya. Tetap bisa berprestasi. Justru tempat yang tepat untuk berprestasi adalah melalui karya dan menjadi seorang content creator.

Introvert adalah seorang content creator yang baik. Jadi manfaatkanlah kesempatan ini sekarang juga !

Kesempatan Ada di Depan Mata

Terlebih dunia saat ini memberikan peluang yang sangat lebar buat siapa aja, buat karya apa aja.

Bahkan ukuran penentu yang bisa dibilang tidak masuk akal karena konten-konten dengan judul jelek, negatif malah yang nangkring dalam trending atau pencarian pertama.

Ironi, memang. Makanya ini juga tantangan kamu untuk menyeimbangkan isi konten yang beredar supaya kalo bisa malah banyak yang positif.

Jangan sampai bikin konten yang negatif atau tidak bermanfaat, dengan prinsip yang penting bisa mencuri perhatian manusia, memenuhi algoritma, maka iklan bisa tayang dan rupiah bisa didapatkan.

Ingat juga keberkahan, kehalalan harus diperjuangkan.

Ide Konten Youtube
Photo by NordWood Themes on Unsplash

Ide Konten Youtube untuk Si Introvert

Jadi, apa aja ide yang bisa dikembangkan oleh introvert ya? Seperti apa pengerjaannya. Karena biasanya introvert nggak mau memperlihatkan wajah, muka atau suara.

Menurut beberapa media, tema berikut ini bisa introvert garap dengan berbagai jenis pembuatan dan bisa dibuat tanpa harus menunjukkan wajah. Simak daftarnya.

  1. Tutorial. Mulai dari niche yang paling dikuasai. Seperti memasak, tata ruang, mendesain, menulis atau membahas tips dan trik.
  2. DIY (Do It Your Self)
  3. Review (produk, film, buku, software)
  4. Menggambar & melukis
  5. Journaling & Writing Tips
  6. Pet & Hewan Peliharaan
  7. Traveling, Kearifan lokal & Kekayaan Alam
  8. Wisata Kuliner / Makanan Khas
  9. Mainan (Tradisional & modern)
  10. Knowledge apa saja secara khusus dan mendalam
  11. Way & Style
  12. Musik atau sinematik
  13. Edukasi
  14. Entertainment
  15. Komedi & Hiburan
  16. Olahraga & Kesehatan
  17. Animasi & 3D
  18. Gaming
  19. Unboxing
  20. Science
  21. Berita & Informasi
  22. Otomotif
  23. Beauty, Cosmetics & Make Up
  24. Home & Decorations
  25. Graphic Desain
  26. Cerita / Pengalaman
  27. Trend Arsitektur & Housing

Untuk teknis pengerjaannya temen-temen bisa pilih dan sesuaikan. Apakah mau menampilkan wajah, atau tidak.

Apakah temen-temen mau menggunakan suara asli, atau backsound music. Bisa pilih sesuai dengan tingkat kenyamanan.

Manfaatkan segera, peluang ini ya!

Yang penting jangan jadikan karakter introvert kalian sebagai penghalang untuk mewujudkan cita-cita dan impian anda.

Teruslah berkarya, jangan nunggu sempurna. Teruslah latih dan tingkatkan skill serta kesempurnaan dari berani membuat kesalahan. Lama-lama, kalian akan tahu sendiri ritme kerjanya.

Sekian semoga artikelnya bermanfaat. Udah baca lama-lama sampai disini, masa iya nggak action juga!

Asli sayang waktunya. Sayang mata Anda membacanya. Dah, segera bikin. Saya doakan Anda sukses.

Saatnya ACTIONS dan bikin Channel Youtube Sekarang !

Saya nggak mau mengulang lagi supaya Anda langsung ngerjain. Karena itu, hak temen-temen semua.

Yang pasti, saya ingin sampaikan bahwa semakin cepat berkarya, semakin banyak melakukan kesalahan, semakin maju-lah kamu.

Selangkah lebih maju daripada yang lain, yang tidak mencoba.

Kalo kamu masih bingung juga untuk Memulai, kamu bisa lihat dulu daftar channel yang inspiratif yang bisa dijadikan referensi. Khusus buat Introvert ya.

Cara Membuat Channel Youtube

cara membuat channel youtube

Untuk membuat channel youtube pribadi. Langkah-langkah yang kamu lakukan yaitu:

  1. Klik Youtube.com. Disebelah kanan atas, ada tombol Login Berwarna Biru. Klik!
  2. Pilih akun google yang akan digunakan untuk mendaftarkan Channel Youtube
  3. Selanjutnnya kamu akan diminta mengisikan password. Isi dengan password email kamu.
  4. Sekarang kamu akan sampai ke halaman utama Youtube (dengan status sudah login).
  5. Klik foto profil kamu di bagian kanan atas. Akan muncul deretan daftar menu. Kamu pilih “Buat Channel”
  6. Berikutnya akan muncul “pop up” klik saja “Mulai” lalu kamu akan dikasih pilihan, channel youtube kamu akan dibuat sesuai nama email atau menggunakan nama baru. Kalau ingin menggunakan nama baru, klik “Gunakan Nama Kustom”
  7. Isikan Nama Channel Baru Anda, Klik pada isian centang persetujuan, klik Buat.
  8. Selesai. Sekarang kamu, sudah mempunyai channel youtube baru.

Waktunya Berkarya. Sebagai konten kreator Youtube. Semoga kamu Sukses Ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.