Jadi Arsitek adalah pekerjaan sangat Cocok buat Introvert

Diposting pada

Mengawali tulisan di bulan Februari 2021 ini. Kenapa introver cocok jadi arsitek? Hmm, baiklah. Dunia introver dan dunia arsitek itu berbanding lurus. Korelasinya adalah, introver suka berdiam dirumah. Yap! Rumah, adalah surganya introvert.

Perlu bangeet, deh. supaya tata letak, fungsi dan ruang-ruang tinggal orang bertipe kepribadian yang fokus ke dalam dirinya sendiri dapat perhatian. Belum banyak diaplikasikan soalnya. Jarang difikirkan apalagi diperhatikan. Utamanya adalah untuk tata desain kantor juga hunian tempat tinggal.

Kenapa profesi Arsitek cocok buat Introver

Kalau sisi ini tersentuh. Kebutuhannya dipenuhi. Dari situ, nanti akan ada kombinasi energi, passion, kenyamanan tinggal dan inspirasi yang hadir lebih maksimal.

Butuh banget arsitek orang introvert yang bisa fokus menggarap sisi kebutuhan ruang sunyi (solitude) khusus tipe kepribadian tertentu.

Coba lihat gambar ini. I Think. This Factor, why introvert need a special rooms for work and livings! And for realized it, needed more introver architect!

RED # 18355 64-NA-193

Kesimpulan gambar:

  1. Berisik
  2. Kamu terus terinterupsi
  3. Nggak ada privasi sama sekali
  4. Selalu ada tekanan untuk berbicara denga orang lain yang terlibat
  5. Orang-orang bisa mengintip monitor layar Anda
  6. Setiap orang bisa dengar percakapan apa saja dari orang yang lainnya
  7. Nggak ada kontrol atas ruang kerja
  8. Kalo kamu ingin privasi, kamu harus nginep (pulang terlambat) atau datang lebih awal. Kan nggak masuk akal !

Nah, suasana ruang kerja diatas mirip banget dengan tempat saya bekerja. Satu ruang meja dipergunakan bersama-sama. Tidak terkendali suara-suara berisik yang menganggu. Pemecah konsentrasi kerja. Ada yang membunyikan musik, ada yang gemar bercanda. Mereka asyik dengan kepribadian ekstrover nya.

Lantas si introver, jelas terganggu namun tidak mungkin seorang introvert menekan kebebasan orang lain. Pekerjaan sebagai arsitek, adalah panggilan yang terhormat bagi orang introvert. Terus arsitek itu seperti apa. Sepak terjangnya bagimana?

Pengertian Arsitek

Arsitek adalah orang yang ahli dalam bidang ilmu arsitektur. Ahli juga dalam hal rancang dan bangun. Serta lingkungan binaan. Lingkup pekerjaan arsitek cukup luas, meliputi interior ruangan, lingkup kompleksitas bangunan, konstruksi sampai ke tingkat kota dan regional.

Arsitek berasal dari kata architectus (latin). Architekton (Yunani) yang berarti master pembangun. Arkhi (ketua) + tekton (pembangun, tukang kayu).

4 Cara menjadi seorang Arsitek

Untuk jadi orang yang ahli dalam dunia rancang bangun, menurut arsimedia harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Punya ketertarikan dengan dunia arsitektur
  2. Punya niat & strong why. Ketahui seluk-beluk dunia arsitektur, lalu mulailah mempelajarinya. Cari hal-hal yang membuat Anda termotivasi. Ini sangat penting sebagai modal utama. Ambillah kulias jurusan arsitektur. Lalu kerjakan tugas dengan nilai baik dan usahakan bisa lulus tepat waktu.
  3. Tekuni satu bidang arsitektur. Ada banyak cabang arsitektur, seperti desain interior, arsitektur landscape, arsitektur hunian, arsitektur high rise building, tata kota, dll. Dari daftar tersebut, pilih satu yang paling Anda minati.
  4. Cari pengalaman. Untuk mendapatkan pengalamannya, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Seperti mengikuti sayembara arsitektur atau bekerja dalam project pembangunan rumah.

Arsitekur aliran rumah Minimalis

Jika sudah mantap ingin menjadi arsitek. Serta serius ingin belajar lebih dalam mengenai dunia arsitektur. Anda harus mengambil satu bidang yang paling diminati dan disukai.

Gaya arsitektur yang saat ini masih terus disukai adalah aliran minimalis. Desainnya sederhana, namun menampilkan kesan sangat modern. Selan itu fleksibel, sangat cocok dibangun di lahan luas maupun minim.

Kehidupan di kota-kota besar masalah utama adalah lahan yang terbatas dan sempit. Untuk itu konsep rumah minimalis sangat dibutuhkan untuk penataan ruang interior & desain rumah yang tetap modern. Anda harus selalu melihat perkembangan trend yang terjadi.

Trend rumah minimalis terbaru

Trend rumah minimalis tetap akan gandrungi. Menurut blog dekoruma, ini beberapa jenis-jenisnya:

  1. Rumah minimalis warna monochrom. Trend ini dimulai sejak 2016. Diprediksi akan terus ada dan diminati khususnya milenial. Penerapan warna monokrom terletak pada kusen serta fasad rumah.
  2. Rumah minimalis dengan split level. Split level, membuat penataan ruang lebih optimal. Membuat tampilah rumah terlihat apik. Split level, maksudnya adalah perbedaan ketinggian (level split).
  3. Rumah minimalis dengan hiasan batu alam. Peletakan batu alam pada dinding fasad bagian depan rumah, membuat hunian menjadi lebih sejuk dan natural.
  4. Rumah minimalis dengan finishing dari kayu. Seperti misal dari bahan GRC, Conwood.
  5. Rumah minimalis dengan pola garis
  6. Rumah minimalis dengan full heigh window.

Butuh lebih banyak Arsitek Indonesia

Nah, ini figure arsitek dari indonesia. Beberapa adalah arsitek terbaik. Bisa dijadikan sebagai inspirasi Anda bekal menjadi arsitek muda. Dilansir melalui laman reddoorz

  1. Achmad Noe’man
  2. Ridwan Kamil
  3. YB Mangunwijaya PR
  4. Frederich Silaban
  5. Budi Padono
  6. Daliana Suryawinata
  7. Andra Matin
  8. Han Awal
  9. Yori Antar
  10. Ir. Soekarno
  11. Anda yang baca !

Untuk menunjang sukses. Kita butuh yang namanya role model.

Desain Arsitektur rumah untuk Introvert & Ekstrovert

Yang kiri ini rumah buat introvert. Yang kanan rumah untuk extrovert.

Kepribadian introvert, dalam tinggalnya sangat memperhatikan privasi dan keamanan. Sebab introvert butuh fokus ke dalam. Ke interiornya! Kebalikannya rumah untuk ekstrovert didesain untuk fokus tertuju keluar. Oleh sebab tipe ekstrovert terkoneksi dengan lingkungan luar.

Referensi:

Last Updated on 6 April 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.