Apa Itu Introvert (The Trilogy of Introvert)

Diposting pada

Introvert.. Karakternya tenang, orangnya unik, kehadirannya kadang misterius, lebih seneng diam nggak banyak omong tapi kalo untuk sesuatu yang sifatnya serius dia tidak bisa diremehkan.

Itulah karakter orang introvert. Cool ya, keren kan (dilihat dari sudut pandang lain) hehe. Piss. Izinkan saya menceritakan sebuah sudut pandang berbeda soal introversions.

Seperti yang udah dijelaskan Carl Jung, dalam buku Psychological Types (1921). Introvert itu kepribadian yang lebih banyak melihat ke dalam dirinya (in-ward looking).

Nah, bagi saya justru disinilah letak kekuatan utamanya. Yaitu: ‘energi.’ Rahasia terbesar introvert bisa bahagia, sukses dalam karir serta bisnisnya adalah saat dia bisa tepat dalam mengelola dan menyalurkan energinya.

Masih ngomongin energi. Bagaimana energi dalam dirinya itu bisa “diolah” menjadi sebuah kelebihan-kelebihan. Bisa berupa pengaruh positif, karya hebat, produk luar biasa, jasa atau kepercayaan. Ini butuh proses, guys.

Nggak instant. Kamu tahu kalo kepribadiannya introvert itu saja mungkin belum lama, kan?

Kalo saya, sekitar saat usia 27 tahun. Baru tahu saya ini ternyata orang berkepribadian introvert (INTJ).

the power of introvert
The power of introvert

Nah diawal pemahaman mengenai apa itu introvert, saya ingin menekankan kepada teman-teman pembaca sekalian agar memahami bahwa memaknai introversi berarti fokus di energi.

Jangan ke mana-mana dulu. Silakan di-noted. Selanjutnya jawablah tiga pertanyaan berikut.

Tiga pertanyaan untuk introvert

Cobalah menyendiri. Dalam ruangan sepi dan keadaan tenang. Benar-benar tenang. Rasakan energi itu.

Merenung sebentar dan jawab tiga pertanyaan berikut ini untuk membantu kamu merasa lebih nyaman. Lebih mengenal diri. Lebih mengenal tuhan dan lainnya.

  1. Apa kamu sudah nerima dan ridho tertakdir menjadi orang introvert? Bagaimana cara menjadi introvert versi kamu sendiri. Ini penting dan hanya kamu yang bisa membentuknya. Jangan sampai kamu nggak punya arti dan tujuan hidup.
  2. Kalo “sudah” kira-kira apa pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk dirimu dan orang lain yang sesuai dengan karakter pekerjaannya introvert. Karena ini akan membuat kamu nyaman dan menemukan ikigai-nya. Tapi proses menemukannya bervariasi, ada yang cepat ada yang perlu proses lama. Nikmati saja proses perjalanannya. Insyaallah nanti akan ketemu juga peran penting kamu di dunia ini untuk orang lain (sosial).
  3. Bagaimana cara kamu mensyukuri dirimu. Ini kaitannya sama spiritualisme. Terkoneksi sama Allah. Nanti kalo diturunkan, bisa banyak banget cabang-cabang aktifitasnya. Intinya adalah syukur dan ibadah. Ikatan cinta mahluk dengan sang khaliq.

Trilogi Introvert

Saya menyebutnya sebagai trilogi introvert. Tiga pertanyaan itulah kira-kira pengantar pertama untuk Anda yang sedang ingin menemukan diri sendiri (jati diri) sebagai introvert.

Termasuk blog ini saya desain dengan konsep trilogi. Ya ada pembahasan mengenai tema introvert. Hobies, bisnis, uang. Juga agama dan kehidupan.

Bisa mendapatkan alasan dan jawaban dari kombinasi tiga hal antara menjadi diri sendiri, bermanfaat untuk orang lain dan bertaqwa kepada tuhannya (Allah) bagi muslim adalah termasuk introvert yang levelnya expert.

Nggak gampang down saat menjumpai problem dan masalah. Life must go on. Bisa imbang menempatkan diri dalam berbagai lingkungan sosial dan masyarakat. Serta ketenangan yan gpaling puncak adalah saat kenal sama tuhannya.

Tanda-Tanda Orang Introvert

Untuk mengetahui apakah kamu orang introvert, ambivert atau malah ekstrovert. Kamu bisa mengetahuinya melalui test atau menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Nanti jawabannya akan kelihatan dari kecenderungan-kecenderungan yang dipilihnya.

Sumber: Ngaji Filsafat (Ustadz. Fahruddin Faiz)

Berikut ini beberapa ciri yang membedakan apakah kamu introvert, ambivert atau ekstrovert.

Ciri-cirinya Introvert.

  1. Tidak suka ngobrol basa-basi. Lebih suka nulis.
  2. Nggak suka keluar-keluar nggak jelas, lebih seneng dirumah.
  3. Kurang suka kumpul-kumpul yang nggak begitu penting, mending baca buku
  4. Nggak suka ditelfon, lebih suka sms
  5. Terlalu banyak berfikir, dan sangat susah melakukan sesuatu secara mendadak tanpa persiapan.

Orang introvert juga ada beda-beda jenisnya. Saya ikut sependapat dengan gagasannya Jonathan Check, seorang psikologi dari amerika yang melakukan penelitian lau membagi kepribadian ini ke dalam empat bagian yaitu Social, Thinking, Anxious, Restrain (STAR).

Silakan untuk mengenali jenis kalian ke mana bisa membaca lebih detail. Jenis introvert ada 4. Intinya adalah agar bisa menemukan style karakter kamu lebih kemana. Saya selalu menganjurkan untuk bisa Menjadi Introvert Versi Kamu Sendiri

Ciri-cirinya Ambivert

Jadi intinya ambivert ini karakternya relatif. Bisa dibilang gabungan dari introvert dan ekstrovert. Pokoknya bisa menjadi keduanya, tidak cenderung di salah satunya saja.

Kalo ambivert ini bisa menjalani situasi introvert dan juga lingkungan kesukaan ekstrovert. Kurang lebih begini, ciri-cirinya:

  1. Sama Enjoy-nya saat mengerjakan sesuatu sendirian ataupun bersama-sama.
  2. Kalo jadi pusat perhatian, rasanya asyik. Tapi kalau berlebihan jadi kurang nyaman.
  3. Dia bisa menjadi pendengar yang baik, tapi juga sekaligus sebagai pembicara yang baik juga. Ngobrol ringan atau serius oke.
  4. Bisa mengolah mood berdasarkan situasi dan kondisi.
  5. Bisa menyesuaikan kepribadian berdasarkan lingkungan tempat dia berada.
  6. Suka keramaian, suka juga menyendiri. Imbang, nggak mesti fanatik di salah satunya.
  7. Nyaman dengan lingkungan luar, tapi nggak pasif. Kurang aktif berinteraksi.

Ciri-cirinya Ekstrovert

Ekstrovert adalah orang yang lebih memandang keluar dirinya bahasanya Jung (outward looking). Ekstrovert ini kebalikannya. Klasifikasinya juga ada empat ragamnya.

  1. Seneng ngobrol & suka bertemu orang lain (Talkative)
  2. Sosialisasi bagus, ramah hampir kepada siapa aja. (Good in Social life)
  3. Suka Tantangan dan aktifitas bergerak out going (actions oriented).
  4. Antusias. Penuh semangat. Nggak mudah down atau sedih. Good in Leadership.
  5. Relatif cuek. Teguh dengan pendirian. Nggak pemalu. Yakin!
  6. Nggak bisa sendirian, kalo mau ngapa-ngapain dia selalu ngajak teman.
  7. Spontan. Stabil, bisa melakukan apa-apa dengan mendadak tanpa rencana.

Jadilah introvert versi kamu sendiri. Temukan kelebihan-mu!

Jangan samarkan karakter introvert-mu ataupun malah berniat ingin mengubah menjadi ekstrovert. Forgeted it! Saya justru mau mengajak temen-temen buat mendominasi karakter introvertnya.

Istilah kata, nggak usah malu dengan sifat yang cenderung pendiam, calm yang itu adalah bawaan dari Allah. Karena pasti ada kelebihan-kelebihannya.

Nah, fokus kita disini. Kita optimalkan melalui kelebihan-kelebihan yang ada dan mengesampingkan kekurangan-kekurangannya. Saat ini sudah bukan lagi waktunya untuk mencari kekurangannya apa, lalu membenarkannya.

Good bye, blammed. Itu sangat kuno sekali. Terlebih di zaman yang sudah modern gini. Introvert memiliki peluang besar untuk sukses dan dunia sangat terbuka luas.

Bukan sombong, melainkan keren !

introvert keren (cool)
Cool Introvert

Bukan bermaksud sombong saya menggunakan frasa diatas, keren. Alias Cool. Tapi dengan tujuan untuk membranding orang introvert itu keren, akan membuat sebuah ledakan energi positif lebih mudah didapatkan.

Keren, kan implikasinya lebih ke banyak hal-hal positif. Misalnya, wih keren karyanya banyak. Waw, kereen bisnisnya kece. Widih, keren orangnya santuy bangeet.

Wuih keren, diem-diem tapi menghanyutkan. Dan lain-lainnya. Silakan buat meaning “keren” sendiri sesuai dengan style keunikan kalian.

Alasan pertama: Keren bukan berarti Sombong.

Jadi sekali lagi, introvert itu cenderung orangnya sombong. Duh, nggak bener itu. Mungkin yang menganggap seperti itu, ia belum faham perbedaan keren dan sombong. Jadi pahami dulu, jangan asal berkata sombong.

Sombong menurut kbbi: sombong/som·bong/ a menghargai diri secara berlebihan; congkak; pongah: tabiatnya agak aneh, sebentar — sebentar rendah hati; berkata dengan –;

Keren menurut kbbi: ke·ren/ a 1 tampak gagah dan tangkas; 2 galak; garang; lekas marah; lekas berlari cepat; parlente (berpakaian bagus, berdandan rapi, dsb)

Jadi, jelas ya bedanya. Introvert itu tidak senang menyombong. Namun berusaha menonjolkan yang terbaik. Baca=menjadi pribadi yang keren.

Alasan kedua: Introvert Keren dengan Karya-nya.

Introvert jarang merasa keren padahal kebanyakan introver dunia justru “keren” dengan karya dan kesuksesan yang diciptakannya.

Kira-kira apa yang menjadi sebabnya merasa lemah, terasing atau tidak keren?

Penyebab: Kebanyakan introvert merasa jika kesendirian, ketidaksukaan dengan keramaian, ketidaknyamanan dengan orang lain, dianggap sebagai “problem” yang akan menghambat dirinya untuk bahagia.

Padahal tempat masing masing kepribadian untuk bahagia ada ruangnya tersendiri. Introvert dengan kesendiriannya, ketenangan dan kebebasannya. Extrovert dengan kepopulerannya hubungan dengan orang-orang lainnya, dan ambivert dengan seimbang diantara keduanya.

Tips Agar introver selalu Bahagia

ilustrasi introvert
ilustrations of introvert
  1. Jadikan kesendirian sebagai momen yang membahagiakan. Waktu yang tepat untuk menyendiri juga tidak sembarangan. Bagi saya, paling syahdu ada 4 setiap harinya. Yaitu pagi, sore, malam. Baca disini: Empat waktu yang tepat bagi introvert untuk menyendiri.
  2. Miliki ketenangan dan bebaskan rasa cemas dengan melatih diri berfikir positif setiap hari. Lakukan meditasi, berolahraga sebentar, atau duduk di pagi hari bersama secangkir kopi panas akan bisa membantu menjadikan fikiran tenang dan rasa cemas berkurang. Terapkanlah pola hidup “slow living.” insyaallah dijamin makin bahagia.
  3. Kebebasan adalah kebahagiaan sejati introver karena dunia ini sudah terlalu ekstrover. Sehingga introver perlu menciptakan atmosfer dunianya sendiri dengan kebebasan yang dinginkannya. Dengan menjadi pemimpin hidupnya sendiri. Caranya yaitu dengan menjadi orang sukses dengan karyanya, berhasil dalam bisnisnya.

Tokoh-Tokoh Introvert paling Inspiratif yang bisa dijadikan Role Model

Kadang kala, kita nggak semangat dan membutuhkan sosok atau figur untuk membantu kita termotivasi. Lebih cepat sampai dalam mewujudkan sesuatu. Nah, dengan memiliki role model.

Kita seolah-olah merasa sangat dekat dengan mereka, bisa banyak belajar dari pelajaran hidupnya serta prinsip-prinsip.

Intinya, kita bisa ambil pesan hikmah yang itu serasa sebuah energi. Berikut ini tokoh yang bisa Anda pelajari jika Anda introvert agar semakin bijaksana dan percaya diri.

  1. Rasulullah Muhamad. SAW
  2. Albert Einstein
  3. Bill Gates
  4. Warent Buffet
  5. Mark Zuckerbertk
  6. JK. Rowling
  7. Rosa Park
  8. Elon Musk
  9. Susan Cain
  10. Steve Wozniak
  11. Mahatma Gandhi
  12. Eleanor Roosevelt
  13. Marisa Mayer
  14. Mark Zuckerberg
  15. Ir. Soekarno
  16. Ustadz. Dr. Fahruddin Faiz
  17. Dian Sastrowardoyo
  18. Maudi Ayunda
  19. Reza Rahardian
  20. Raditya Dika
  21. Gita Safitri Devi

Pekerjaan yang cocok buat Introvert

Bicara pekerjaan untuk introvert. Ada sekitar 40 jenisnya. Silakan Anda baca-baca saja disitu. Namun sebelumnya, Anda bisa melakukan tes MBTI (Myerss Briggs Tipe Indicator) untuk menemukan karakter introvert berdasarkan pengembangan dari Isabel Briggs Myers (1940).

Mbti adalah sebuah tes untuk mengukur kecerdasan individu, bakat serta tipe kepribadian.

Buku-buku yang membahas tentang introvert

Jika kamu butuh referensi bacaan, mungkin buku ini bisa dicari dan lalu dibeli. Karena nanti akan ada banyak sekali sudut pandang berbeda dari tiap-tiap si penulisnya dalam mendefinisikan kepribadian introvert beserta cara menangani masalah saat dijumpainya.

Tips-tips sukses, serta karakteristik versi mereka. Saran saya, baca bukunya.

Berikut ini beberapa daftarnya

  1. Quiet karya Susan Cain
  2. Quiet impact: Tak masalah jadi orang introvert – Sylvia Loehken.
  3. The Introvert Advantage: Berkembang dan berhasil di dunia Ekstrovert – Marti Olsen Psy. D
  4. Mendengar Nyanyian Sunyi – Ulfa Qurrota Ainy.
  5. The Introverted Leader: Building on Your Quiet Stength – Jennifer B Kahnweiler
  6. The Genius of Opposites: How Introvert and Extroverts Achieve Extraordinary Result Together – Jennifer B Kahnweiler

Selain buku kamu juga bisa nonton film. Film yang saya sarankan buat ditonton adalah film yang dilakoni oleh Ben Stiller dan Kristen Wig.

Berjudul The Secrets Life of Walter Mitty. Lalu seri romantis ada Tiger Zinda Hai, Ek Tha Tiger. Yang dilakoni oleh Salman Khan dan Katrina Kaif.

Tidaklah “salah” menjadi orang introvert

Sebagai penutup artikel ini. Tidaklah salah menjadi introvert. Memiliki kekurangan itu wajar – No body perfect. Cuma Rasulullah aja yang ma’tsum (terjaga dari perbuatan dosa).

Bagaimanapun juga, kamu harus hadir di dunia ini dengan totalitas perjuangan. Ada anak-anak yang harus dididik dan dijaga. Ada istri atau suami. Keberadaan kamu dibutuhkan mereka.

Fokuslah pada lingkup kecil, yang membuat kamu merasa nyaman. Tetap membuka diri dengan lingkungan sosial, tidak perlu malu bertemu orang lain.

Serta tidak perlu sungkan untuk menolak atau berkata tidak. Its Yours. Ini hidup kamu, pilihlah. Nikmatilah.

Hidup ini begitu indah sekali. Temukan keindahan-keindahan itu melalui sentuhan karakteristik introvert.

Last Updated on 6 April 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.