Bahagia dengan bangun pagi

Diposting pada

Bangun pagi ternyata memiliki energi yang luar biasa untuk menata suasana hati. Alhamdulillah hari ini saya bisa bangun pagi. Setelah sebelum-sebelumnya jam tidur saya kacau akibat habbit buruk begadang. Begadang rupanya bikin sensasi nagih (kecanduan).

Padahal dampaknya buruk banget buat kesehatan. Saya mau ngingetin deh ke temen-temen yang masih juga begadang malam. Coba putuskan habit negatif itu, kalo hidupmu mau berubah. Mau lebih semangat. Tenaga lebih fit. Pensiun-lah dari yang namanya begadang malam.

Panduan pembentukan habit, simak buku atomic habit james clear.

Malam itu untuk istirahat

Jadi, Allah itu sudah sangat adil banget mengatur kehidupan ini. Dijadikannya siang, untuk tujuan bekerja manusia. Dan malam untuk beristirahat. Jadi, kalau kamu menggunakan malam hari untuk selain beristirahat hati-hati khawatir kamu dzalim. Dzalim sama diri-sendiri. Sama keluaga juga teman-teman kerjamu.

Simak kalam Allah, berikut ini:

“Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (QS. Al-Qashash:73).

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar-Ruum:23)

“Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. An-Naml:86).

“Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar.” (QS. Yunus:67).

Kerja Malam & Begadang

Terus gimana kalau misalnya ada orang yang bekerja-nya dimalam hari? Hmm, menurut ddhk bekerja di malam hari menyalahi sunatullah (natural law) kalo merujuk ayat-ayat diatas. Hanya saja, kalo ada keadaan memaksa islam memberi toleransi (boleh).

Ternyata menurut sebuah penelitian. Begadang secara terus-terusan, berisiko mengidap penyakit. Disebutkan, wanita yang kerja malam sepanjang waktu selalu berinteraksi dengan sinar yang menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh untuk memproduksi hormon milanonin yang terbentuk pada malam hari saat sedang tidur. Hormon inilah yang berfungsi menjaga sel-sel tubuh dan pori-pori melawan kanker dan dampak negatif sinar tersebut. (hooryea, 1426).

Agen Penelitian Kanker Internasional (IARC) sudah memasukkan kerja malam ke dalam daftar pekerjaan berisiko kanker. Hasil penelitian ilmuwan Jepang dari University of Occupational and Environmental Health mengungkapkan, karyawan yang bekerja dengan jam kerja fleksibel lebih banyak menderita kanker prostat dibanding mereka yang bekerja dengan jam kerja standar.

Demikian juga pakar Denmark dari Institute of Cancer Epidemiology, setelah memeriksa 7.000 wanita berusia 30 hingga 54 tahun, diketahui wanita yang bekerja setidaknya selama enam bulan pada malam hari, memiliki peluang lebih tinggi mengidap tumor payudara.

Mereka yang sering lembur malam hari juga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Para ilmuwan dari University of Milan memeriksa 22 ahli logam pria yang memiliki jam kerja berbeda setiap minggunya.

Kerja malam juga “membingungkan” jam kerja biologis tubuh, untuk mensinkronisasikan konsumsi makanan dan pencernaan. (hidayatullah.com)

Waduh, ngeri ya. Kalau temen-temen sudah tahu risikonya gini. Maka kalo masih juga begadang. Duh, saya bingung mau bilang apa lagi. Mending sekarang, kita usaha untuk bisa bangun pag saja yuk.

Yuk. Bangun Pagi !

Bangun pagi memberikan banyak sekali manfaat dan keutamaan. Selain bangun pagi membuat rezeki lancar. Juga menjaga kesehatan dan membuat kita lebih siap, lebih semangat. Bangun pagi juga tentang habbit. Kebiasaan baik yang terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan harian. Jadi kalau saat ini kamu belum bisa bangun pagi. Usaha dulu biar bisa bangun pagi satu hari. Paksakan sebisa mungkin. Lalu kuncinya di hari berikutnya harus bangun pag lagi, kemudian lanjutkan hingga 21 hari atau 40 hari dan 90 hari agar benar-benar bisa jadi automic.

Tips Bisa Bangun Pagi

Agar bisa bangun pagi. Paling penting sebelum tidur itu berazzam dulu, niat, siap, kemauan. Baru disertai sama doa-doa, berwudhu sebelum tidur, insyaallah nanti akan dibangunkan pagi. Kalo saya minta biar bangun jam 3, kadang kalo kemauannya kuat banget ya beneran dibangunkan jam 3 kaya ajaib gitu. Bisa pas banget.

Tapi kadang godaannya adalah saat sudah dibangunan, dan nggak langsung beranjak dari kasur. Itu bisa-bisa jadi ketiduran. Sedetik saja kelewat, bisa bangun sudah terang benderang. Jadi, begitu sudah dkasih snyal-sinyal bangun. Langsung pindah posisi, cari apapun yang bikin kesadaran makin penuh. Kopi-lah, membasu mata pakai air dingin-lah. Makanan pengganjal perut lapar-lah. Siapkan saja.

Itu paling sih buat awal-awal saja. Kalo sudah terbiasa, nggak sebegitu menakutkan tantangannya kok. Hehe. Bismillah yuk. Ubah hidup kita, mulai dari bangun pagi. Insyaallah ini kunci. Pagi adalah rahasia. Bangun pagi adalah rahmat. Yang mengerjakannya insyaallah selamat.

Last Updated on 18 Maret 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.