BIO Instagram Menarik dari @DainWalker ini perlu kita tiru !

Diposting pada

Bio instagram yang dibuat dengan cermat, akan membantu si pemilik akun instagram mencapai tujuannya. Entah itu bisnis, dakwah atau sekedar personal branding. Pembuatan bio instagram nggak boleh asal-asalan. Coba contoh cara pembuatan bio instagram dari Dain Walker. Seorang desainer dan branding strategy.

Menurut data dari statistica instagram menempati urutan nomor 6 dengan jumlah pengguna sebanyak 1,158 Million user. Angka sebanyak itu, sayang banget kalau nggak dimaksimalkan. Apalagi sekarang makin kaya fitur-nya seperti instagram shopping, guide, yang bikin makin betah ngelola akun IG dan memudahkan menjual produknya.

Sehingga merancang Bio Instagram yang menarik wajib hukumnya, mulai dari foto profil, nama, username, link dan deskripsi. Gimana sih cara ideal mengoptimalkannya untuk kebutuhan bisnis maupun personal branding?

Baiklah yuk kita bahas bersama-sama.

bio instagram tips

Kalo diperhatikan, mulai dari bagian paling atas sampai bagian paling bawah. Instagram memiliki struktur tampilan yang terdiri 7 bagian. Tujuh poin ini yang akan kita optimalkan.

Foto Profile

Langsung pada tahap pertama yaitu profile. Bermain instagram, wajib memasang foto profile. Ini akan menjadi bagian penting identitas. Brand yang paling kelihatan selain tulisan adalah logo visual. Karena langsung melihatkan identitas suatu brand, seperti warna-nya, simbol-nya, atau kalo personal bisa langsung dikenal dari muka (wajah) nya.

Rumus Foto Profile = Foto Wajah + Background 1 Warna

Lalu, gimana cara mengoptimalkan bagian foto ini. Nah, kalo menurut info yang pernah aku baca dari akun instagramnya the steven mellor serta aku lihat juga kebanyakan akun luar yang berfollower besar kalo dilihat dari profilenya mereka itu memasang foto yang sangat simpel.

Ciri-cirinya yaitu hanya menaruh muka wajah + background. Misalnya, foto wajah yang sudah dicrop sedemikian rupa, serapi-mungkin dikombinasi dengan background satu warna.

Kenapa harus satu warna, supaya jelas berhubung lingkaran yang disediakan sangat sempit, kecil. Apalagi kalau dilihat dari jarak jauh, itu tidak dapat menampilkan gambar secara full dan detail.

Makanya dengan cara ini, menampilkan foto profil yang ringkas adalah cara paling disarankan untuk digunakan dalam profile instagram supaya mudah diingat dalam hal branding.

Nama Instagram

Berikutnya cara membuat nama dan username. Sebelumnya, kedua hal ini berbeda. Nama Instagram akan terlihat saat pengunjung membuka profil. Sedangkan username akan terlihat saat pengikut menjumpai melalui feed (beranda). Nama dan username ini kita bahas dalam satu bagian anatomi dengan sedikit penjelasan singkat.

Cara membuat nama instagram yang baik adalah dengan menyantumkan identitas yang mewakili brand, nama, organisasi yang mencerminkan lingkup usaha dan kegiatannya. Gunakan kalimat yang ringkas, simpel dan to the point.

Kalau seorang personal brand, pakailah Rumus: Nama + Pekerjaan misalnya Mr. Hakim – Blogger dengan begini, mereka akan langsung tahu apa sih yang menjadi fokus si pemilik akun ini.

Layanan apa yang dia sediakan-pun bisa diketahui karena dengan memberi nama pekerjaan spesifikasi bidang kerjanya langsung dapat terbaca.

User Name @username

Untuk username kamu bisa bikin melalui kata yang mewakili identitas brand kamu, atau bisa juga melalui kata yang mengandung kata kunci alias keyword pencarian. Seperti misalnya @tesla, @google

Terserah kamu mau pakai yang mana, yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian cara membuat username bisa juga melalui username yang unik, beberapa misalnya : @qooonit, @bynicojulius, @introvertitukeren (piss!)

Disebelah kanan foto profile, tedapat bagian identitas jumlah postingan, jumlah pengikut dan jumlah mengikuti. Ini akan menjadi yang diperhatikan juga oleh pembaca. Terlebih follower.

Biasanya akun yang folowernya besar, hingga jutaan pembaca yang melihat langsung dalam hati bilang “Wow Gila, folowernya jutaan” padahal kalo saya boleh bilang bahwa bagian ini adalah bagian yang sebenarnya bukan jadi fokus utama.

Karena ini diluar kendali kita. Folower adalah impact dari hasil post yang berisi manfaat, kualitas konten yang kita buat. Jadi daripada fokus pada jumlah folower, mending fokus pada jumlah post.

Maksimalkan postingan carousel yang berkualitas. Lihat postingan akun dain walker diatas, cuma 400-an. Kasih konten berisi tips, panduan, tutorial. Biasanya postingan jenis ini paling banyak dicari. Sajikan juga humor dan hiburan yang segar namun tidak murahan. Terus berbagi secara rutin, jangan sampai bolong dalam sehari saja. Ini berhubungan sama algoritma instagram.

Kemudian untuk bagian mengikuti ini adalah akun yang akan kita dapatkan informasinya. Tanyakan Alasan kenapa kamu mem-folow akun ig lain karena apa, jawaban ini bisa dijadikan rujukan untuk kamu menyediakan layanan dan kualitas seperti akun yang kamu ikuti.

Ini Cara membuat Bio Instagram yang Menarik !

Oke ini yang kita tunggu-tunggu. Sekarang kita masuk ke inti dari bio instagram. Bagaimana membuat deskripsi yang menarik, menjual & jelas dalam 150 karakter singkat tidak lebih. Deskripsi bio sebenarnya bebas dibuat sesuka Anda, sesuai dengan tujuan dan kebutuhan.

Bio instagram tips

Diatas ini adalah contoh bio ig-nya Dain Walker. Namun menurut info yang aku baca dari salah satu akun pernah membahas cara membuat bio harus mencakup tiga atau empat bagian yaitu: Layanan apa yang bisa kamu bantu untuk orang lain. Ini letaknya di baris satu (paling atas).

Berikutnya adalah authority kamu, yang menunjukkan bahwa kamu seorang pakar dan expert di bidang yang kamu bawa. Selanjutnya adalah deskripsi ajakan untuk ngobrol, beli, atau lainnya via DM/Email/Chatting/Kunjungi Website.

Link / Tautan

Satu-satunya link yang working di instagram adalah link yang tersedia melalui bio link ini. Selain disini, tidak berlaku sebagai link. Akan terbaca sebagai teks biasa. Misalnya jika kamu menulis tautan pada postingan untuk feeds, maupun insta story itu akan terkonversi menjadi sebuah teks saja.

Tidak akan bisa di-klik dan membawa ke tautan yang berkaitan. Jadi, manfaatkan betul isian link instagram ini. Isikan dengan nama situs atau blog atau link CTA yang mengarah kepada halaman landing pages atau chatting / obrolan.

Sorotan / Highlight

Bagian ini sebaiknya diisi dengan beberapa post yang paling penting dan bermanfaat. Supaya memudahkan pengguna menemukan bacaan yang dicarinya. Selain itu disarankan juga untuk menempatkan kegiatan dibalik layar yang berisi proses-proses pembuatan suatu karya, produk atau brand ke dalam highlight instagram.

Baiklah, demikian tips singkat cara membuat bio instagram yang menarik untuk akun personal maupun bisnis kamu. Untuk memaksimalkan instagram sesuai dengan algoritma, postinglah setiap hari tanpa bolong, karena ini akan memperluas jangkauan kamu, lebih mudah ditemukan sesuai dengan relevansi penggemar.

Berikutnya fokuslah pada pembuatan konten yang daging dan bermanfaat. Gunakan hashtag yang sesuai dengan isi postingan. Gunakan minimal 10, 15 hingga 25-an hashtag supaya kontenmu makin luas menyebar.

Cantumkan hashtag baru dan beda di setiap posting baru, dengan catatan sesuai isi konten. Yang terakhir lihat pertumbuhan melalui insight dalam waktu minimal 30 hari. Biasanya sudah kelihatan kenaikannya. Semoga bermanfaat.

Mr. Hakim, Author @introveritukeren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.