Alasan Social Media penyebab utama orang kehilangan “Mindful”

Diposting pada

Boomingnya kata mindful memang tepat timing-nya. Fenomena banyak orang nggak sadar, bengong, ada tapi seolah tiada memang pas dengan kondisi saat ini. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan antara kehidupan nyata dengan kehidupan maya (online). Tentu itu merugikan secara nggak langsung, ya.

Mindful apan sih?

Mindful, bukan mindfull artinya sendiri adalah kondisi dimana kita sadar secara penuh mungkin kalo dipersentase 90-100% ya. Dengan kehidupan real alias nyata.

Penyebab orang nggak mindful

Penyebab nggak mindfull sih kayaknya karena zaman saat ini hidup dipenuhi oleh banyak aktifitas maya. Jualan via online. Kegiatan bermedia sosial (social life) yang bikin kita jadi sering membanding-bandingkan kehidupan pribadi dengan kehidupan orang lain.

Gadgets, yang merenggut paksa waktu kita terampas habis nan sadis. Akibatnya waktu buat kita merasakan bener-bener kehidupan realistisnya kurang. Nggak terpenuhi dengan seimbang. Karena timpang itulah, menyebabkan banyak orang nggak mindful.

Cara ngembaliin lagi kondisi hidup supaya mindful

1. Buat rules.

Misal jadwal pemakaian gadget kalo pagi mulainya jam 09.00. Semenjak bangun tidur kita pegang dulu kegiatan pagi dirumah tanpa distraksi gadget sedikitpun. Jangan mode pesawat. Tapi matikan (off) kan hp.

2. Buat automations.

Alias skedule untuk posting konten. Baik jualan atau edukasi. Ini biar ngeringanin tugas kita sama nggak bergantung banget sama hp aja sih.

Kerjakan yang prioritas dan perlu aja. Yang nggak perlu dan penting eksekusi aja tanpa rasa sayang kehilangan. Saya pernah menghapus akun instagram yang pernah membantu saya mendapatkan transaksi senilai 500 juta.

Alasannya sedehana, bikin saya nggak mindful karena tidak lagi efektif serta tidak ada waktu buat ngelola. Sementara saya memang masih single fighter dalam mengerjakan. Ya, idealnya saya fokus ke yang realistis dan menghasilkan.

3. Back to nature, back to origin

Gadget itu katanya diciptakan karena buat ngejebak kita. Design by sreucture. Setuju atau enggak, terserah temen-temen aja sih. Yang pasti gimana kita bijak makainya.

Pasti tau lah temen-temen mana yang penting mana yang enggak. Kita jangan sampai terperangkap aja dengan masa dimana gadget menguasai waktu dan hidup kita.

Ciptakan lagi kehidupan yang mindful kamu. Yang muslim, buka lagi alqurannya. Cobalah

Referensi: Sehatku

Last Updated on 7 Februari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.