Artikel ini telah dilihat : 436 kali
buku atomic habits

Atomic Habits Book Resume. By – James Clear

Diposting pada

Sebelum membahas ringkasan buku Atomic Habits James Clear. Pertama saya mau sampaikan bahwa ejaan yang benar bukan habbit melainkan habit ya. Buku ini menjawab semua kegalauan saya selama ini.

  1. “Kenapa tiap kali saya memulai tapi tidak pernah selesai?”
  2. “Bakat saya apa belum kelihatan sama sekali?”
  3. Hidup saya terasa begini-gini aja?”

Kalau teman-teman, memiliki pertanyaan yang sama seperti diatas. Mungkin Artikel ini cocok untuk dibaca. Saya berharap, semoga kalian menemukan solusinya. Fight !

Simak juga: Cara mengubah hobi menjadi uang

Jawaban singkat pertanyaan-pertanyaan saya diatas adalah, karena semua itu tidak dibangun dengan habit kecil yang baik. Untuk itu, membangun kebiasaan kecil yang baik, adalah keharusan jika Sukses masih menjadi Impian Anda.

Kisah Menegangkan James Clear

Buku ini diawali dengan kisah yang cukup sedih, saat membaca saya membayangkan betapa sulitnya mengalami kejadian jika berada di posisi james clear.

Berangkat dari lapangan bisbol, saat teman james clear menghempaskan tongkat pemukul sekeras-kerasnya, namun nahas dan sayang tongkat itu lepas dari genggaman.

Terbang dan mendarat keras tepat diantara bagian mata dan hidung james clear dengan kecepatan tinggi yang membuat ia tak bisa menghindar.

Cedera hingga Koma

Seketika, bayangan penglihatan mata james kabur. Ia melihat bercak-bercak merah yang ternyata adalah darah mengucur deras.

Salah satu temannya, melepaskan kaos seragam bisbol dan digunakan untuk menyumbat luka supaya menghentikan darah mengalir.

Dalam kondisi kritis james clear, ia dipapah teman-temannya, serta pelatihnya melewati lembah, lapangan hingga sampai menuju klinik di sekolahnya untuk mencari pertolongan pertama.

Namun, klinik tak sanggup dengan kondisi james yang akhirnya mengharuskan terbang menggunakan helikopter menuju rumah sakit besar di “cincinnati” untuk mendapat penanganan serius.

Tiga puluh dokter, menangani james.

Ia dinyatakan mendapat sakit yang cukup serius mengalami pembengkakan di otak yang cukup parah hingga koma untuk beberapa hari.

James beberapa kali mengalami kejang, serta hanya bisa bernafas dengan alat bantu ventilator, ditemani ibunya. Kondisi yang sangat berat.

James Clear
James Clear Sumber Gambar https://togethermag.eu

Lalu Sembuh

Akhirnya james sudah bisa bernafas, dan mencium bau. Namun, saat mengempas udara dari hidung. Satu bola mata james, keluar karena dorongan udara.

Lalu, james dijadwalkan melakukan operasi sebelum pada akhirnya kata dokter akan bisa kembali pada posisi semula hinga akhirnya berangsur-angsur sembuh.

Masuk lagi ke Olahraga bisboll

Setelah dinyatakan sembuh. James, nggak kapok dengan olahraga bisboll. Bukannya, trauma.

Dia masih punya keyakinan kalo dia akan bisa sukses dan menjadi atlet bisboll terbaik.

Dua tahun setelah kecelakaan terjadi. James clear kembali ke lapangan bisbol di SMA namun tidak lolos masuk ke tim bisbol utama.

Hingga akhirnya kuliah di Denison University mengubah segalanya. Disini, james mendapat posisi dalam tim bisbol dan menjadi atlet universitas.

Di awal ia berlatih fokus mengatur diri. Sementara yang lain begadang, mengobrol dan main video game.

James, membangun kebiasaan tidur yang baik dengan tidur lebih awal setiap malam. Disaat temannya serba bebas dan jorok, james menjaga kerapihan dan kebersihan.

“Kebiasaan remeh-temeh ini, ternyata membawa kepercayaan diri, yang berimbas pada kebiasaan lainnya yang ikut membaik hingga membawa James Clear mendapatkan nilai A untuk semua mata kuliah pada tahun pertama.”

Menjadi Atlet Terbaik di Denison University. Kereen!

Enam tahun setelah peristiwa tragis terkena pukulan tongkat bisboll. James dinyatakan sebagai atlet putra terbaik di Denison University dan salah satu ESPN Academic ALL-American Team.

Kehormatan yang hanya diberikan kepada 33 pemain di seluruh amerika.

Wow! Amazing.

Nah, itulah kisah james clear. Yang ingin meyakinkan bahwa, formula di dalam buku ini benar-benar work untuk siapa saja, dalam membangun kebiasaan baik. Bahkan telah ia praktikkan langsung.

Ringkasan Buku Atomic Habit

Depok, 2 January 2020

Yap. Buku ini mendarat dan saya baca belum lama. Baru setahun yang lalu. Namun, sedikit banyak saya telah praktikkan isinya dan saya sangat puas dengan hasilnya.

Termasuk isi tulisan yang panjang, ini bisa saya tulis juga karena salah satu formula yang diajarkan james clear dalam buku Atomic Habits.

Dari taglinya saja, sudah ketahuan maksud dan arah isi buku ini. Yaitu, perubahan kecil yang memberikan hasil luar biasa.

A-tom-ic.
Sebuah partikel yang sangat kecil dari benda. Tunggal dan tak terbagi lagi. Atom, juga berarti sumber energi, atau daya yang sangat besar.

atomic habits
Partikel ini yang akan kita takhlukkan dalam membentuk habit baik

Hab-it.
Rutinitas atau praktik yang dilakukan teratur. Tidak terputus. Tanggapan otomatis atas situasi.

Masuk ke daftar isi, buku Atomic Habits dibagi menjadi 6 bagian. Yaitu:

I. Dasar-dasar.

Mengapa, perubahan yang kecil. Tapi kok bisa ngasih perbedaan yang amat besar.

  1. Dahsyatnya Kekuatan Atomic Habit
  2. Bagaimana kebiasaan membentuk identitas. Baik kebiasaan baik, maupun buruk.
  3. Cara membentuk kebiasaan yang baik dalam 4 langkah sederhana

Lalu, bagian II sd. V menerangkan 4 kaidah pembentukan habbit

Yaitu: Menjadikan Terlihat, Menjadikan Menarik, Menjadikan Mudah, Menjadikan Memuaskan.

Bagian VI menjelaskan taktik-taktik tingkat mahir.

Meliputi kebenaran tentang bakat, Aturan Goldilocks, pengorbanan menciptakan kebiasaan baik.

Serta ditambah satu halaman lampiran berisi saran praktis setelah membaca buku ini. Ada pengasuhan ke anak, penerapan dalam bisnis.

Intisari Bab 1

1% lebih baik setiap hari - Atomic Habits Book
1% LEBIH Baik Setiap Hari (Kaizen)
  1. Mengubah kebiasaan buruk, seperti menebang pohon beringin yang sangat besar.
  2. Lupakan sasaran, fokus ke sistem. Jangan terlalu fokus mengutak-atik rencana jangka panjang, tapi fokus saja pada aktivitas menjaga, mempertahankan kebiasaan kecil sampai benar-benar menghantarkan ke tujuan.

Contoh: Seorang pengusaha ingin bisnisnya beromset 1 Milyar sebulan (Sasaran).

Sistemnya adalah gimana menguji gagasan-gagasan mengenai produk, merekrut karyawan, menjalankan iklan. (Sedikit demi sedikit). Investman.

  1. Satu persen (1%) lebih baik setiap hari pengaruhnya akan terakumulasi sejalan waktu. Jika bisa 1% lebih baik setiap hari, anda akan mendapatkan hasil yang hampir 37 lebih baik sesudah satu tahun.
  2. Orang akan kembali pada kebiasaan lama, dan berhenti melakukan kebiasaan baru, karena kecewa atas aktivitas kecilnya yang tidak nampak perubahannya pada esok harinya.
  3. Kebiasaan itu seperti pedang dengan 2 sisi. Kebiasaan bisa menguntungkan, bisa merugikan. Dalam jangka panjang dapat menjadi teman atau malah menjadi lawan.

Bab 2. Perubahan Identitas

Ada yang lebih vital ketimbang sasaran (visi) & proses (sistem) yaitu identitas (keyakinan dalam dirinya).

Misal seorang perokok yg ingin berhenti merokok ditawari rokok.

  • Tidak. Saya sedang berusaha berhenti. Mengisyaratkan bahwa dirinya masih seorang yang sedang berusaha berhenti merokok.
  • Tidak. Saya bukan perokok. (Mengisyaratkan bahwa identitas dirinya bukan seorang perokok).

Banyak orang berpikir mereka kurang termotivasi padahal sebenarnya mereka kurang jelas kapan dan dimana aksi akan dilaksanakan tidak selalu jelas.

Ada orang yang menghabiskan seluruh hidup menunggu Kapan waktu yang tepat untuk melakukan perbaikan

Begitu niat implementasi dicanangkan anehnya tidak harus menunggu sampai inspirasi untuk memulainya datang, Apakah aku menulis satu bab atau tidak.

Apakah aku bermeditasi pagi ini atau setelah makan siang ketika saat untuk beraksi tiba tak perlu ada keputusan lagi.

Anda cukup mengikuti rencana yang telah dibuat

buku atomic habits
Foto Buku Atomic Habits Galeri Pribadi

Bab 3

Cara paling sederhana untuk menerapkan strategi ini pada kebiasaan Anda adalah dengan rumus berikut: aku akan (kata kerja) pada (waktu) di (lokasi)

Misalnya aku akan bermeditasi selama 1 menit pada pukul 7 pagi di dapur. Aku akan berolahraga selama 7 menit pada pukul pukul 5 sore di depan rumah ah.

Menumpuk kegiatan paling berhasil yaitu ketika petunjuknya sangat spesifik dan bisa langsung dikerjakan soalnya banyak orang memilih petunjuk samar.

Saya pernah melakukan kesalahan ini ketika ingin memulai kebiasaan. Pusat tumpukan kebiasaan saya adalah ketika istirahat makan siang datang.

Aku akan push up 10 kali sepintas lalu ini terkesan wajar namun kemudian saya sadar bahwa pemicu ini enggak jelas.

Apakah push up bisa lakukan sesudah apa sebelum makan siang terus di mana Saya melakukannya.

Nah setelah beberapa hari akhirnya tidak konsisten kemudian petunjuknya saya ubah menjadikannya terlihat jelas dari segi waktu dan lokasi.

Yaitu klue-nya setelah menutup laptop untuk makan siang aku akan push up 10 kali di samping meja kerja.

Ketidaktegasan hilang, kebiasaan seperti membaca lebih banyak atau makan lebih baik.

Alasan yang bagus tapi sasaran-sasaran ini tidak menyediakan instruksi yang jelas tentang bagaimana dan kapan dilakukan jadi harus spesifik dan jelas.

Kesimpulan

Pada akhirnya, buku atomic habits menyimpulkan. Kalo menurut saya ya, bahwa kebiasaan atau habit itu bagus untuk membentuk perubahan yang baik.

Hanya saja, kebiasaan juga memiliki kelemahan. Dia sifatnya kaku, tidak lentur, tidak fleksibel.

Sementara kehidupan ini terus mengalami perubahan dan kemajuan zaman.

Jadi, kebiasaan saja tidaklah cukup. Harus diimbangi dengan implementasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Jadi, selalu terbukalah untuk belajar mengenai hal-hal baru yang lebih baik, lebih canggih dan lebih memudahkan kita dalam sehari-hari.

Last Updated on 18 Februari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133) | ...Berjihadlah di jalan Allah dengan harta dan jiwa kalian... (At-Taubah 41) | Dan Kami perintahkan manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya... (Qs. Luqman 14).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.