Artikel ini telah dilihat : 532 kali

Apa itu DIY (Do It Yourself)

Diposting pada

Akhir-akhir ini kita banyak denger istilah DIY (Do It Your Self). Sebenarnya apa sih DIY itu dan bagaimana kita bisa memanfaatkannya?

Pertama DIY yang dimaksud bukanlah Daerah Istimewa Yogyakarta, melainkan Do It Your Self yang artinya kurang lebih adalah “Lakukanlah Sendiri.”

arti diy do it yourself

Arti DIY (Do It Yourself) Adalah lakukan sendiri (Wiki)

Untuk lebih enaknya dalam memaknai, DIY yaitu: sebagai sesuatu yang dibuat oleh kita sendiri. Kreatifitas karya kita. Apapun yang bisa kita kreasikan, kita buat, yang belum pernah ada di pasaran atau dimana saja bisa disebut sebagai projek DIY.

Jadi, aslinya DIY ini bisa dibuat oleh siapa aja. Kapan aja. Dimana aja. Bebas aja! Saya juga akan ngasih penampakan satu projek DIY saya. Yaitu “Coffe Dripp” yang saya buat dari botol bekas madu dan loyang kue. Eiheee, kayaknya maksa banget buatnya.

DIY Project: Coffe Drip (vietnam dripp). Do it your self !
DIY Project: Coffe Drip (vietnam dripp)

Tinggal yang penting sekarang dengan DIY project itu apakah menjadi produk yang bermanfaat atau tidak. Mengatasi solusi apa enggak. Kalo memudahkan, pasti jadi sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari kan.

Sedangkan menurut wikipedia sendiri, Do It Yourself, adalah sebuah seri buku yang menjelaskan cara melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan ahli.

Asal Mula DIY

Menurut Wiki, Swakriya Do It Your Self berkaitan dengan perilaku konsumen sejak tahun 1912 terutama dalam hal perbaikan rumah serta kegiatan pemeliharaan. Kemudian, mulai digunakan di Negara Amerika sejak tahun 1950.

Wow udah lama dong ya! Nah kemudian DIY ini mulai bekembang menjadi kegiatan yang bersifat lebih luas lagi. Seperti kegiatan untuk membuat berbagai macam kerajinan kecil, proyek-proyek konstruksi yang kreatif, innovatif serta lebih hemat biaya.

Jenis-Jenis Kreasi DIY

Sebenarnya untuk jenis kerajinan DIY ini bisa banyak dan tak terbatas karena terus berkembang. Kamu bisa berkreasi sendiri mulai dari apa yang kamu sukai seperti jenis DIY Craft & Kerajinan Tangan, Make UP & Skincare, Lifehack alias tips dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh kreatifitas hasil karya DIY – Do It Your Self

Coffe hasil drip project diy saya.

Mohon maaf ya, saya pajang hasil karya DIY saya lebih dulu dibanding contoh diy yang lainnya. Sedikit mau ngasih review mengenai hasil karya diy saya. Jadi mula-mula, saya tertarik ingin membuat coffe drip seusai saya menyeruput kopi vietnam dripnya dari pizzahut.

Nggak tau kenapa bisa pas. Ketemu tempat sisa botol madu, dan loyang kue. Loyan gkue saya lubangi, saya paskan ukurannya dengan botol madu. Lalu setelah jadi, saya tes buat bikin kopi.

Nah, karena kopinya adalah kopi tubruk jadi lubang-lubang yang saya buat terlalu kecil hingga lama menetesnya kopi.

Memang sebaiknya untuk vietname dripp cofee menggunakan jenis kpi giling kasar. Tapi hasil kopi jadinya, lumayan nikmat. Beda dengan kalau kopi dibuat dengan cara diaduk. Lumayan bersih dari ampas.

Bola Lampu bekas diubah jadi tempat tanaman cantik

https://unsplash.com/photos/mv6gXaoYaBo

Kreasi dengan Benang Rajut

https://unsplash.com/photos/JE4iHJE-knI

Penyangga Ponsel

https://unsplash.com/photos/hF-Vaf9P1vs

Hiasan Dinding Unik

https://unsplash.com/photos/c430TFeQV2c

Figura Keren dari Kayu

https://unsplash.com/photos/YHT5usBo4cA

Hiasan dari Bulu Ayam

https://unsplash.com/photos/cfebUg7BxCkvm

Manfaat dari DIY

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh buat kamu yang suka dengan eksperimen DIY ternyata juga ada cukup banyak. Nggak sekedar cuma untuk mengisi waktu saja atau ngarang-ngarang karya, terlebih untuk membuat konten. Enggak!

Namun, selain memang DIY ini bisa untuk dipakai dalam pembuatan konten entah itu untuk youtube atau blog atau portofolio unik teman-teman. Manfaat lain tidak langsung, yang juga bisa didapatkan yaitu:

  1. Mengasah Kreatifitas Otak
  2. Mencetak Portofolio Pribadi
  3. Pemanfaatan Limbah & Barang Bekas
  4. Hasil Barangnya Langka & Belum Pernah Ada
  5. Melatih Kemandirian
  6. Mendapatkan Rasa Puas, Lega & Bangga
  7. Menambah Rasa Percaya Diri
  8. Lebih Hemat Biaya

Buat karya DIY ke Youtube & Blog

Pastinya nggak afdhol, dong kalo sudah tahu apa itu DIY, penjelasan, manfaat serta contohnya tapi kamu nggak mencoba untuk membuat dan melakukannya?

Nah, supaya tidak sia-sia juga karena sangat mudah membuat DIY ini maka mulai sekarang juga kamu harus memutuskan untuk membuatnya minimal satu. Terus diupload ke Youtube, atau ke Blog.

Jangan lupa, pastikan karya DIY yang kamu buat bermanfaat buat orang lain, besifat memberi solusi maupun inspirasi sebagai sesuatu yang baru, unik dan menantang.

Tips membuat Kreasi DIY

Lalu, apa saja tipsnya dan bagaimana cara membuatnya?

  1. Buat DIY yang masih jadi bagian minat kamu, jangan ikut-ikutan. Jadilah leader, unik dan orisinil. Jangan anget-angetan. Atau ngikut trend. Ini akan memuaskan kamu sendiri, serta ada perasaan totalitas karena masih relate sama diri kamu dan juga bidang kamu.
  2. Berikan Merk atau Watermark. Pastinya kamu nggak mau dong, hasil karya yang sudah susah-susah kamu lakukan trial dan erornya terus ketika misalnya sebuah video itu sudah jadi lalu diambil orang seenaknya. Biasakan gunakan watermark. Agar orang lain juga bisa belajar dengan kamu. Dengan mencari siapa pembuatnya, bagaimana caranya. Apalagi kalo inovatif, pasti akan banyak menginspirasi.
  3. Kembangkan. Kalo sudah bisa bikin satu, jangan berhenti untuk berkarya. Terus coba lagi dan lagi. Lakukan pengembangan karya, supaya hasilnya lebih baik, lebih berkualitas, lebih simpel, lebih bermanfaat, lebih mudah digunakan, serta lebih hemat biaya.
  4. Produksi dan jual. Nah, yang terakhir ini rupanya dari coba-coba bereksperimen membuat sesuatu yang sifatnya berasal dari kreatifitas diri sendiri. Malah bisa diproduksi dan dijual. Loh, beneran ini. Kalo dipikir-pikir, saya pernah juga membuat sebuah produk makanan yang sedikit bersifat DIY ini dan waktu itu saya jual dan laku di pasaran. Kamu, pastinya bisa juga melakukannya dengan lebih kreatif, keren
  5. Fokus pada solusi mengatasi persoalan seperti untuk tujuan pemanfaatan limbah rumah tangga serta daur ulang bahan-bahan bekas agar lebih ramah lingkungan dan menyelamatkan bumi dari sampah yang semakin banyak.

Nah, sekian dulu artikel penjelasan mengenai DIY. Semoga bisa diaplikasikan untuk kebutuhan kamu.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/DIY_(disambiguasi)
https://id.wikipedia.org/wiki/Swakriya
https://www.rucika.co.id/arti-dan-tren-diy-do-it-yourself-pada-kehidupan-sehari-hari/
https://journal.sociolla.com/bjglossary/diy/
https://jemariayumna.blogspot.com/2015/12/apa-itu-diy.html
https://www.seraphinaeducationalcorner.com/articles/188-apa_itu_diy.html

Last Updated on 2 Maret 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.