Georgia: Font dengan “Readibility” tinggi yang banyak digunakan situs besar

Diposting pada

Alhamdulillah! Akhirnya bisa makai font “georgia.”

Sebagai seorang blogger, wajar banget kalo kita sering menggonta-ganti font buat website dan blog. Saya-pun demikian, terlebih pada tema superfast wordpress yang saya gunakan ini. Sebab, tersedia ratusan font pilihan didalamnya. Itu asli, membuat bingung banget buat milih.

Hingga akhirnya saya suntuk, untuk menentukan jenis mana font yang terbaik untuk dipakai, dengan pertimbangan nyaman untuk pembaca, saya sendiri pun menyukai-nya, serta loading blog tetap cepat.

Berkali-kali saya hunting melalui mbah google, nyari referensi. Ada banyak sekali saran untuk menggunakan font dari google font karena gratis. Kita juga bisa melakukan pairing alias mengkombinasikan jenis font pada heading dengan font pada teks body.

Kemudian yang terakhir saya lakukan adalah melakukan riset kecil-kecilan ke beberapa situs besar seperti: Forbes, The New York Times, Britannica, Huffington Post.

Nah, dari sinilah kemudian saya menyimpulkan sehabis melihat secara langsung bahwa situs-situs besar menggunakan font bernama georgia.

Kenapa font georgia banyak digunakan ?

georgia fonts

Ini memang menjadi pertanyaan saya. Kenapa mereka memilih font georgia? Sebenarnya pencarian saya sudah selesai, namun rasa penasaran saya justru makin banyak. Tidak cukup sampai disini, saya pun mencari tahu alasannya. Lalu saya menemukan sebuah situs yang menyebutkan:

Sebuah riset dari Boyarski, Neuwirth, Forlizzi dan Regli pada tahun 1998 memeriksa times, georgia dan verdana font pada layar komputer. Georgia secara signifikan dianggap lebih mudah dibaca, lebih tajam, dan lebih terbaca daripada Times. Font serif lain yang umum digunakan adalah Schoolbook.

Sumber: usabilitynews.org

Georgia Fonts Lisensinya Gratis atau Berbayar ?

Lisensi penggunaan fonts, pastinya tidak bisa kita abaikan. Jika itu digunakan untuk pemakaian blog pribadi, lisensi font georgia gratis. Namun jika digunakan untuk komersial, maka berbayar.

Georgia Gratis dilisensikan untuk penggunaan pribadi saja. Anda juga dapat menggunakan font di halaman web. Tetapi jika Anda ingin menggunakannya secara komersial Anda bisa membelinya dari sini. Untuk penggunaan pribadi, Anda dapat mengunduh Free Georgia Font. – Freefontvaulst.com

Cara Menggunakan Font Georgia pada WordPress

Untuk menggunakan font georgia, jika tidak tersedia pada bawaan tema. Kamu bisa menggunakannya melalui tiga cara.

  1. Cara pertama adalah dengan mengedit melalui file tema.
  2. Alternatif lainnya dengan mengupload file font ke dalam folder tema pada hosting server. Untuk melakukan cara satu dan cara dua kau bis baca referensinya disini.
  3. Opsi ketiga ini adalah cara yang saya lakukan sekaligus ingin saya bagikan caranya sebab, saya telah melakukannya dan berhasil yaitu dengan menggunakan plugin.

Menggunakan Plugin Custom Fonts

Nama plugin yang akan kita pakai yaitu: Custom Fonts

custom fonts - plugin untuk upload fonts

Install plugin ini melalui dashboard-> tampilan-> plugin-tambah plugin baru. Kemudian angsung aktifkan. Setelah itu kamu harus memiliki file font georgia yang sudah didownload pada komputer kamu. Berikutnya lakukan upload 3 file font georgia, yaitu georgia normal, georgia italic dan georgia bold melalui tombol “tambahkan file fonts” dari plugin ini.

Nah, fungsi plugin ini adalah memungkinkan wordpress untuk bisa mengupload file jenis .ttf.

Sebab, kalau tidak menggunakan bantuan plugin. WordPress tidak mensupportnya. Lalu berikutnya yang penting adalah melakukan seting pada plugin custom font ini. Lakukan urutan dimulai dari paling atas italic, berikutnya bold, berikutnya normal. Persis seperti gambar dibawah ini:

seting plugin custom fonts

Terakhir jika sudah, akhiri dengan klik tombol “Perbaharui.”

Lakukan Custom CSS di Customizer Tampilan

Tahap paling akhir yang harus kamu lakukan adalah menambahkan kode melalui customizer tampilan wordpress. Buka tampilan, customizer, css tambahan, kemudian tambahkan kode berikut ini:

body{font-family:Georgia !important; font-size: 20px;}
p{margin: 0 0 14px !important;}

Tutup dengan menekan tombol perbaharui tema. Cara diatas berhasil saya lakukan pada tema superfast wordpress. Font normal, bold dan italicnya work dan tampil dengan normal. Kalo kamu ingin mencobanya dan membutuhkan pertanyaan, silakan bisa menanyakan melalui kolom komentar.

Referensi

  1. https://themeisle.com/blog/custom-fonts-wordpress/
  2. https://freefontsvault.com/georgia-font-download-free/
  3. http://www.usabilitynews.org/misc/a-comparison-of-popular-online-fonts-which-size-and-type-is-best/
  4. https://minto.net/2011/09/how-georgia-rules-the-newspaper-web-fonts/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.