Artikel ini telah dilihat : 76 kali

Hidup di Dunia itu kejarlah Akhirat !

Diposting pada

Okeh, bismillah. Ini cuma note for my self aja. Kebetulan lagi galau seharian. Ndilalah juga scrolling youtube diketemukan sama nasihat-nasihat yang mengesankan dan cukup menampar bagi saya.

Membeli kambing dapat sekalian tali-nya

Nah, tadi tuh di video pertama yang sampai ke saya adalah analogi. Sebuah pengibaratan. Penjelasan seperti ini memang paling masuk akal.

Jadi, dikatakan bahwa ada seseorang yang disuruh membeli kambing di pasar. Terus, orang itu bergegas menuju pasar membawa uang yang cukup untuk membeli kambing.

Sesampai di pasar, ia memilih kambing-kambing yang bagus. Singkat kata setelah didapat kambing yang terpilih dibelilah enam ekor kambing. Lalu kambing itu dibawa pulang, dengan diikat kambingnya menggunakan tali.

Sesampai dirumah. Kambing tersebut diserahkan kepada majikan yang memintanya. Terus si orang tadi, disuruh untuk membeli tali ke pasar lagi. Tanpa penolakan, orang tersebut bergegas lagi menuju pasar dan hanya membeli seutas tali lalu pulang.

Membeli tali, tidak akan dapat kambing

Sesampai di rumahnya tuan tadi. Seseorang ditanya, loh.. Mana kambingnya. Kok cuma membawa tali-nya saja?

Tadi membeli kambing, dapat sekalian sama talinya. Sekarang membeli tali, kok tidak dapat sekalian sama kambingnya?

Tanpa pikir panjang, seseorang tadi langsung menjawab kalau tidak mungkin tuan saat membeli tali dikasih kambing. Itu saya rasa tidak masuk akal.

Tapi, saat membeli kambing terlebih berjumlah enam pasti si penjual telah menyiapkan bersama tali-nya untuk membawa kambing-kambingnya tetap terikat supaya tidak lari ketika dibawa pulang.

Hidup di dunia, kejarlah akhirat

Nah, kata tuannya.. berkata..

Seperti itulah, kalau kamu hidup di dunia ini hanya untuk mencari dunia. Seperti saat kamu membeli tali. Kamu mencari dunia, hanya akan dapat dunia-nya saja.

Sebaliknya, ketika kamu mencari akhirat ibarat seperti kamu membeli kambing. Akan dapat juga tali-nya. Jadi, tanpa dicari-cari atau dibeli. Tali itu akan didapatkan.

Maka, ketika hidup di dunia ini orang yang cerda akan mencari akhirat. Bukan mencari dunia.

Wallahua’lam bishowab.

Sebuah renungan ringan. Nasihat singkat. Penghibur kalbu yang lagi gelap. Semoga lekas dibersihkan hati kita dari kotoran-kotoran duniawi. Yang godaannya makin kesini, makin menggila. Semoga kita serta pembaca sekalian terjaga. Amiin, saya doakan.

Last Updated on 28 Januari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.