Introvert tanpa “ketenangan” bukanlah siapa-siapa !

Diposting pada

Introvert tanpa ketenangan yang cukup akan kehilangan banyak hal, seperti kurang bahagia, sering cemas dan gelisah, rasa was-was, mudah marah dan kesel, pekerjaan jadi nggak maksimal, serta dilanda kebingungan.

Introvert adalah pribadi yang hidup karena sesuatu energi yang tenang. Jadi, kalo kebutuhan akan ketenangan dirinya kurang tercukupi pasti menggelepar hidupnya. Rasanya ada yang kurang, tapi apa gitu. Hidup nggak enak, keselarasan nggak dijumpai.

Penuhi kebutuhan untuk menyendiri & merasakan sunyi

Yaitulah, kebutuhan akan rasa tenang suasana sunyi-nya kurang terpenuhi. Akibatnya hidup serasa timpang. Karena kebutuhan rasa tenangnya gak dipenuhi. Kita hidup ngalir aja dalam dinamikanya extrovert. Terbawa arus extrovert, ya nggak bisa. Kita beda dengan mereka. Kita harus paham dulu mengenai hal itu.

Nah, terus gimana caranya biar introvert benar-benar bisa live the moment. Dapat meraskaan bahagia yang penuh. Dapat merasakan diri sendiri dengan penuh syukur, tenang, damai ?

1. Hadir saat seluruh manusia di dunia ini terlelap tidur

Cara ngedapetin ketenangan yang pertama itu kita harus bisa hadir di waktu ini. Ya, waktu pagi saat orang-orang diseluruh penjuru dunia terlelap tidur. Pulas, serta nggak berisik. Itu tenaang bangeet rasanya. Dunia seolah milik kita punya.

Rasa tenang, sudah pasti bisa dirasakan. Rasa damai, bahagia sepenuhnya bisa kita rasakan. Fikiran jernih tanpa sedikitpun distraksi. Zero mind.

Waktu ini juga karena memang sedang memancarkan gelombang alpha. Gelombang dimana otak bisa menangkap penuh. Termasuk suasana hening yang mendamaikan jiwa. Bisa diserap sempurna. Sehingga terbawa hingga aktivitas siang hari menjadi penuh positive.

Note for my self! Saat nanti kamu gelisah di siang hari, itu tandanya kebutuhan akan rasa tenang, suasana sunyi kurang terpenuhi. Sehingga timpang, tidak balance. Akibatnya jadi mudah marah, cemas, tidak fokus, tidak live the moment, tidak mindful.

2. Reading Alquran

Opsi nomor dua untuk menyerap rasa tenang versi saya adalah dengan membaca alquran. Mungkin ini pasnya buat muslim. Untuk yang non muslim, silakan disesuaikan aja dengan yang sejenis-nya ya.

Baca alquran itu rasanya nikmaat bangeet, menenangkan kalbu. Kenikmatan al-quran bisa dimiliki jika hati kita bersih, katanya. Kalau kita nggak bisa merasakan nikmatnya membaca alquran, berarti hati kita belum bersih.

Terus kalo mau lebih tenang, peacefull. Baca alquran-nya di waktu sunyi alias (point nomer satu atas). Itulah kenapa suasana sunyi saya letakkan di awal, karena kalo kita dah bisa dapetin waktunya. Kita bisa ngisi dengan apa saja. Termasuk baca alquran ini.

Kenikmatan membaca alquran nggak bisa disatukan dengan kenikmatan mendengarkan musik. Keduanya sama-sama nikmat, tapi masing-masing jenis yang berbeda. Nggak bisa dicampur. Kalo kamu bisa merasa nikmat dengan musik, maka kamu nggak akan bisa merasakan nikmat alquran. Saat kamu bisa merasakan nikmatnya alquran, maka kamu akan merasa hambar saat mendengar musik. Gitu yang pernah saya denger dari ustadz khalid basalamah.

Makanya saya pernah buat postingan tentang upaya untuk berhenti dari mendengarkan musik. tidak lain tujuannya adalah supaya bisa senantiasa bersama alquran karena harus milih salah satu, kan.

3. Menikmati rintik hujan turun

Setiap hujan turun seolah membawa pesan diam-diam. Seolah membuat yang menyaksikan bisa menikmati setiap tetesan jatuhnya air hujan. Suasananya selalu romantis, terlebih saat turun di waktu pagi.

Hadirnya hujan membawa kedamaian. Rintik-rintik suaranya yang mengenai atap rumah, dan dedaunan nyaman terdengar di telinga. Hujan membawa pesan damai, penuh ketenangan.

Kamu bisa dapatkan ketenangan saat hujan. Coba nikmati hadirnya. Coba mendekat ke jendela dan lihatlah air hujan. Betapa indah dan syahdu suasananya. Jangan lupa ucapkan doa serta syukur saat menyaksikan hujan. Juga gunakan untuk berdoa karena ini waktu yang mustajab.

4. Membaca buku

Baca buku juga bisa bikin tenang. Sebab, dengan membaca kita bisa menikmati transferan energi dari si penulisnya. Kita masuk dalam suasana dalam buku itu. Kita ada disana saat membacanya. Oleh karena itu buku adalah media yang bisa membawa rasa tenang. Syaratnya buku yang membawa cerita indah pastinya. Bukan horor. Atau yang negatif-negatif.

Tapi untuk bisa dapatkan suasana tenangnya saat membaca. Pastikan bahwa hati kamu juga tenang. Nggak bisa sambil galau mikirin yang lainnya. Gak bisa multitasking. Pokoknya untuk mendapatkan sesuatu yang berkualitas. Harus dilakukan secara fokus. Kalo lagi membaca ya membaca aja. Gak bisa sambil mikirin yang lain. Dijamin kamu bisa tenang, bisa menyerap energi positif. Sehingga bikin kamu jadi tenang.

Nah, itu lah sekilas cara dapetin ketenangan buat introvert. Supaya hidup lebih bahagia, tenang, damai. Silakan dicoba aja ya kalo kamu lagi butuh yang ketenangan. Sejauh ini sih saya lakukan work! Membawa impact positif ke saya pada sepanjang siang hari.

Last Updated on 28 Januari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.