Artikel ini telah dilihat : 362 kali

Jangan bersaing dengan orang lain, tapi bersainglah dengan diri sendiri

Diposting pada

Salah satu cara untuk semangat dan mengejar prestasi diri adalah dengan menyusun daftar rekor dan pencapaian yang pernah diraih sebelumnya. Dengan melihat beberapa daftar tersebut, kita bisa langsung tahu dengan cepat mana rekor tertinggi dan mana rekor runner-up, mana rekor yang lainnya.

Sebagai insan yang selalu ingin menjadi lebih baik dari hari ke hari serta punya ambisi sukses. Kita perlu mencetak rekor-rekor yang baru, melampaui rekor yang ada sebelumnya supaya terus terpacu untuk lebih maju.

Kenapa “Melampaui” bukan meningkatkan atau memperbaiki

Kenapa saya menggunakan kata lampaui, tidak tingkatkan. Karena dengan melampaui kita terpacu dengan sebuah prestasi baru, tanpa menyamarkan prestasi lama dan langsung terconnected sebagai seorang winner (new record).

Sedangkan kata memperbaiki dalam bayangan fikiran bawah sadar kita yang tergambar adalah upaya mengubah yang ada menjadi lebih baik. Melampaui, lebih terasa semangatnya. Gitu aja sih.

Melawan Statistik Blog Sendiri

Kenapa enggak bersaing dengan orang lain?

Kenapa tidak mengukur prestasi kita dengan prestasi orang lain. Sebab, kita nggak bisa menggunakan ukuran diluar yang bisa kita kendalikan.

Orang lain itu bukan kendali kita. Diri kita sendirilah yang bisa dikendalikan. Kita-lah, yang akhirnya menjadi tolak ukur paling efektif untuk peningkatan diri di hari esok maupun kemudian hari.

man riding on skateboard
Photo by Josh Hild on Pexels.com

Cara membuat perencanaan goals

Bagaimana cara menciptakan sebuah rekor baru supaya bisa terus berkarya. Dalam hal membuat perencanaan pencapaian ataupun sebuah resolusi. Sangat penting, memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Apa visimu dalam 10, 30 sampai 50 tahun ke depan. Saya anggap kamu sekarang berusia 30 tahun. Masih sangat mungkin membuat vision board ini. Tulis beberapa fokus goal, yang relevan dengan impian kamu. Misalnya financial goals. Healty goals. Investment & bisnis. Dll.
  2. Cari mentor yang bisa membantu. Ah, penting banget peran mentor ini. Selain sebagai sahabat, juga sebagai panduan yang akan membuat jalan menuju impian jadi lebih cepat karena mentor audah berpengalaman sebelumnya. Tugas sekarang adalah, gimana yah bisa nemu mentor yang cocok?
  3. Berbagi dan sharing ilmu. Berbagi, merupakan bagian dari hukum resiprositas share ilmu adalah sesuatu yang akan membuat kamu jadi semakin mahir, terampil, faham dan mendapatkan banyak lagi benefit seperti audience yang relate, customer sampai investor.

Prestasi apa yang bisa aku tingkatkan, prestasi apa yang bisa aku dapatkan hari ini

Hampir semua prestasi itu mirip-mirip adalah sebuah investasi. Semua pencapaiannya butuh proses. Nggak ada yang instan atau semalam jadi.

Last Updated on 12 Januari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.