La Tahzan, Innallaha Ma’ana. Sedang diuji jangan bersedih, teruslah berusaha, bersabar dan perbaiki sholat.

Diposting pada

Mungkin kita lagi bersedih karena menerima berbagai kesulitan hidup. Kita merasa bahwa ujian hidup ini rasanya berat. Ujian dalam usaha yang sudah berkali-kali berusaha namun belum juga membuahkan hasil. Ujian ekonomi, kita sudah mencoba banyak sekali jenis pekerjaan namun belum terlihat tanda-tanda kesuksesannya. Atau ujian dalam menemukan jodoh, yang belum juga terlihat? La Tahzan ! Jangan bersedih.

Sebab Allah ada bersama kita, dan insyaallah Ia akan menolong hambanya yang sedang dalam kesusahan, kesulitan apalagi jika kita sebagai muslim yang bertaqwa. Insyaallah, Allah tidak akan meninggalkan kita sendirian. Meski semua orang menjauhi kita, ingatlah Allah itu dekat. Allah akan menolong, asalkan kita sabar dan sholat. Maksudnya, sabar kita diiringi dengan melakukan sholat. Tidak sekedar sholat, namun shalatnya benar-benar diperhatikan. Diperbaiki.

Insyaallah keajaiban, bisa datang. Allah akan mengubah keadaan kita. Jadi masalah kita akan beda-beda, setiap orang. Karena Allah menguji sesuai dengan kesanggupan hambanya. Tapi ingatlah bahwa bersama kesulitan akan ada kemudahan.

La Tahzan, Innallaha Ma’ana Ada dalam Alquran

Sebenarnya ungkapan la tahzan innallaha ma’ana itu berasal dari mana sih? Ungkapan arab, atau dalil dari alquran? Nah, ternyata kalimat yang sangat familiar itu ada dalam quran surat at-taubah ayat 40. Berikut ini gambar, tulisan arab beserta artinya:

la tahzan innallaha ma'ana

Tulisan Arabnya

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya,“Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. (At-Taubah : 40)

Hikmah

Kita boleh bersedih, asal sebentar aja. Jangan lama-lama. Allah itu pengen kita bahagia. Beneran. Yakin deh, ini sedang diuji dalam rangka kamu didesain untuk bisa kuat. Coba lihat yang lain, mungkin ada yang lebih menderita daripada kamu. Kalo kamu jadi dia, apakah bisa? Belum tentu. Jadi apapun keadaan dan ujianmu, tetap bersyukurlah kepada Allah. Kita lakukan yang terbaik yang kita bisa. Biarlah Allah yang memberikan hasil atas usaha kita. Yang penting kita lakukan yang terbaik, sudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.