Artikel ini telah dilihat : 110 kali
sholat

Mengapa setiap mengerjakan sholat fardhu sebaiknya mengerjakan sholat sunnah rawattib?

Diposting pada

Ada empat alasan, yaitu:

1. Rugi Waktu

Setelah sampai pada tahun yang baru, yaitu 2020. Saya baru bisa melihat ada banyak sekali waktu yang tidak terisi dengan sholat sunnah qobliyah dan bakdiyah. Padahal kalo dipikir-pikir, waktu untuk melakukannya tidak sampai 10 menit.

Semua yang telah dilalui itu, menjadi portofolio jejak amal saya. Sayangnya, banyak yang ramping dan kosong karena sholat fardhunya tidak diiringi dengan shalat sunnah rawatib. Saya merasa betapa telah menyia-nyiakan waktu yang telah dianugerahkan Allah kepadaku.

2. Membangun Habit

Jika tidak dibiasakan, maka akan sulit dikerjakan. Beneran! Nyatanya, kamu yang sudah biasa tidak mengerjakan sholat rawatib, berat kan pas mau sholat rawattib? Itu karena kamu membiasakan tidak sholat. Tubuh kamu udah merasa nyaman, dengan langsung cabut sehabis sholat fardu.

Atau badan kamu udah merasa biasa menjadi makmum masbuk. Sehingga berat ketika kamu menuju masjid lebih awal. Ini sebenarnya perihal sepele saja. Cuma masalah pembiasaan. Pembentukan habbit. Makanya, mulai sekarang sudah waktunya untuk jor-joran menambah amal. Salah satunya rakus sholat rawattib.

3. Menyempurnakan Sholat Fardhu

Menyepurnakan Sholat Fardhu. Fadilah sholat qobliyah dan bakdiyah adalah menjadi penyempurna shalat fardu yang barangkali dikerjakan tidak khusyu, bacaan tidak sempurna, bayang-bayang fikiran yang pergi kemana-mana saat sholat. Semua kelemahan itu, akan ditambal oleh sholat sunnah rawattib ini.

4. Ibadah Tambahan

Seperti poin nomor 3, bahwa waktu terasa sangat cepat sekali berlalu. Baru kemarin 2019, sekarang sudah 2020 saja. Rasanya belum banyak amal yang dikerjakan. Oleh karena itu sekarang waktunya balas dendam. Maksudnya adalah jor-joran beribadah, pol-polan ngumpulin amal.

Last Updated on 11 Februari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133) | ...Berjihadlah di jalan Allah dengan harta dan jiwa kalian... (At-Taubah 41) | Dan Kami perintahkan manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya... (Qs. Luqman 14).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.