Artikel ini telah dilihat : 324 kali
buku quiet

Review: Buku Quiet Susan Cain. An Amazing Introvert books.

Diposting pada

Baiklah, kesempatan kali ini saya mau ngasih sedikit review mengenai buku fenomenal yang membahas soal kepribadian introvert dalam bukunya susan cain berjudul “Quiet.” Buku ini termasuk dalam jajaran buku terlaris versi new york times.

Buku ini cukup tebal, terdiri sebanyak 410 halaman. Buku ini terdiri dari empat bagian. Bagian pertamanya malah membahas “model ekstrover,” bagian kedua bercerita soal “biologi Anda, diri Anda sendiri,” kemudian pada bagian ketiganya cukup detail berbicara “sudut pandang introvert dalam budaya dunia, mulai dari asia, amerika eropa” kemudian ditutup dengan “Bagaimana Mencintai, Bagaimana Bekerja”

Terdiri dari Empat BAB

Karena yang saya baca adalah buku terjemahan. Jadi, buat kamu yang mau membeli buku ini harus sabar banget. Pelan-pelan aja, ngebacanya. Dijamin jadi asyik. Bacaan akan mulai seri saat sampai pada halaman 56 bahkan disini saya membuat garis bawah pada kata: “Esensi dari pengajaran Harvard Business School adalah para pemimpin harus bertindak dengan yakin dan mengambil keputusan dari informasi yang tidak lengkap”

Kemudian akan tambah semakin seru saat membuka halaman-halaman berikutnya, seperti yang tertulis pada halaman 61 yang dimaksud kreatif untuk introvert yaitu “Anda harus mampu bersosialisasi, menyenangkan, dan meriah untuk bekerja disini.”

BAB I

Salah satu yang dikritik susan cain dalam metode kepemimpinan HBS bahwa seorang pemimpin harus vokal. Kita menganggap bahwa orang yang suka berbicara lebih cerdas daripada orang yang pendiam meskipun nilai rata-rata dan skor SAT dan tes kecerdasan menunjukkan bahwa persepsi ini tidak tepat.

Berlawanan dengan model kepemimpinan Harvard Business School justru posisi CEO efektif ternyata penuh dengan orang-orang introvert. Nah Loh! Dibuktikan oleh susan melalui tokoh pendiri microsoft Bill Gates, Brenda Barnes, Ceo dari Sara Lee, James Copeland mantan CEO Deloitte Touche Tohmatsu. Stephen Wozniak.

Kebanyakan penemu dan insyinyur mereka adalah pemalu, hidup di dalam kepala mereka sendiri. Mereka hampir seperti seniman dan seniman bekerja dengan sangat baik ketika sendiri.

Bekerjalan sendiri. Anda akan sangat bisa merancang produk dan fitur revolusioner jika bekerja sendiri. Bukan didalam komite. Bukan di dalam tim. Kesunyian dapat menjadi pengantar untuk inovasi. Sedangkan inovasi, jantung ekonomi pengetahuan yang bersifat sosial (Malcom Gladwell).

Menulis harus sendirian

Bagiku menulis berarti mengungkapkan diri sendiri hingga melewati batas. Itu sepenuhnya pengungkapan diri dan penyerahan, dimana orang, saat terlibat dengan orang lain akan terasa seperti kehilangan diri sendiri, dan oleh karena itu dia akan menyusut selama dia berada dalam akal budi yang tepat. Itulah sebabnya seseorang tidak bisa cukup merasa sendiri saat menulis.

Kesimpulan pada BAB I

Dalam buku susan berjudul Quiet, pada akhir bab 1 ditutup dengan saran untuk maju bagi introvert dalam bekerja. Dia menyarankan “bukanlah berhenti bekerja sama lewat tatap muka, tetapi memperbaiki cara kita melakukannya” pungkasnya.

Kita juga perlu menciptakan keadaan-keadaan di mana manusia bisa bebas untuk bergerak di dalam kaledioskop interaksi, dan menghilang ke dalam tempat-tempat kerja pribadi saat mereka ingin fokus atau hanya ingin sendirian. Bahkan sekelas Steve Wozniak memerlukan waktu sunyi dan privasi ekstra untuk melakukan kerja terbaiknya.

Bersambung dulu yah, nanti saya lanjutin di bab berikutnya.

Referensi:

Buku Quiet, by Susan Cain terjemahan bahasa indonesia

Last Updated on 18 Februari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.