Tips agar percaya diri (tenang) saat bertemu orang baru

Diposting pada

Percaya diri itu kuncinya ketenangan. Diingat ya, ketenangan. Ketenangan itu dalam kondisi apapun akan selalu menampakkan keindahan.

Saya terinspirasi mengenai ketenangan yang dibawakan oleh seorang imam masjid berkarakteristik introver. Ia masih muda terkadang menjadi imam sholat, di masjid baiturrohman griya rahmani.

Tips percaya diri buat Introver

Introver loh, bisa juga menjadi pemimpin. Bisa percaya diri. Bisa tenang juga. So, kalian pun juga pasri bisa! Terus latih saja.

Kepercayaan dirinya terlihat melalui bacaan fatikhah dan ayat-ayatnya pengiringnya. Suaranya pelan, tapi dalam maknanya saat didengar. Badannya sangat tenang, tidak banyak gerak, namun sampai ke hati bacaannya.

Supaya bisa mencapai ketenangan. Mula-mula, kamu harus bisa percaya diri terlebih dahulu. Karena kalo tidak, kamu nggak akan pernah bisa tenang (selalu resah, cemas, khawatir, kebingungan).

Dwayne Johnson - Badan Tegak, Tidak Membungkuk
Dwayne Johnson – Badan Tegak, Tidak Membungkuk

6 Tips agar percaya diri saat bertemu orang baru

Terapkan 6 tips ini untuk bisa tenang dan percaya diri saat bertemu orang baru. Saat berhadapan dengan banyak orang. Ketika kamu jadi pembicara panggung. Jika mengharuskan kamu menjadi imam masjid. Apabila kamu berkesempatan maju didepan kelas atau presentasi.

  1. Tatap matanya ketika berbicara dengan orang lain.
  2. Saat salaman, genggam tangan se-erat mungkin.
  3. Dada membusung, Badan lurus / tegak. Jangan membungkuk.
  4. Kalo jalan, yang cepet. Rasulullah jalannya cepat. Orang jepang jalannya cepat. Orang cina ngomongnya cepat. Kecepatan akan memacu makin semangat. “Motions to emotions.” Gerakan membawa suasana hati jadi semangat.
  5. Usahakan pagi hari, berolahraga sedikit, minimal 10 menit saja. Gerakan pagi bikin bugar di siangnya. Ini bagian dari persiapan.
  6. Siapkan materi atau apapun sebelum bertemu orang atau tampil.

Coba deh praktekin dan wajib banget tiap hari kamu begitu. Karena, efeknya akan powerfull banget.

Last Updated on 4 April 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.