Artikel ini telah dilihat : 421 kali
daily activiti

Cara membuat Daily Activity yang Efektif

Diposting pada

Alat bantu managemen waktu yang biasa saya pakai, terutama untuk memanagemen aktivitas kerja adalah “Daily Activity.” Belakangan ini saya bikin list-nya nggak banyak-banyak. Minimal cukup 3 aktivitas utama yang paling prioritas (ini alasannya). Baru list berikutnya, dimulai nomor 4 dst adalah kegiatan sekunder pendukung.

Cara Menggunakan Daily Activities

Cara menggunakannya yaitu pagi hari sekitar jam 6.00 Am mulai memebuat daftar kerja untuk hari ini. Daftar ini digunakan untuk acuan sepanjang hari. Jadi, kalau lagi bingung mau ngerjain apa langsung lihat daftar ini, jadi inget lagi apa saja kegiatannya.

My Daily Activity

Cukup efektif dan sangat membantu mereminder kegiatan. Kemudian sorenya barulah ceklis aktifitas yang telah selesai mana, yang belum selesai mana dan yang tidak dikerjakan. Kalo ada yang nggak selesai, jadi PR untuk hari besoknya. Diusahakan selesai semua, makanya minimal banget buat yang paling urgen dan penting aja. 3 Prioritas saja! Jangan banyak-banyak.

Manfaat Daily Activity

Sepanjang saya menggunakannya, daily activity sangat membantu mengontrol pekerjaan saya. Memfokuskan lagi pada kegiatan yang penting. Meminimalisir pada kegiatan yang bersifat distraksi, khususnya distraksi digital. Sebab, kalo kita gak pinter-pinter ngelola waktu. Habis sudah kebuang, menguap begitu aja waktu seharian tanpa terasa. Tanpa hasil yang nyata. Sadar-sadar kalo pas malem, kok seharian kegiatannya ecek-ecek ya, gak ada yang berkualitas blas, gak mengerucut dan terarah. Pernah gitu ngerasain, dan jawabannya karena waktu itu belum bikin note skedul harian. Akhirnya sampai tulisan ini ditulis, saya masih menggunakannya.

Apa Toolsnya

Nah untuk media-nya, saya menggunakan aplikasi WA. Jadi saya bikin group bersama temen-temen satu kantor. Yang lain juga membuat daftarnya sendiri-sendiri. Disitu khusus untuk pelaporan kegiatan harian aja. Selain kita merasa berkompetisi dengan rekan yang lainnya, sebagai pengawas juga mudah mengelola list team-nya. Si A ini kerjaannya apa hari ini. Si B apa agendanya. Terus Mana yang selesai, mana yang tidak. Jadi terpantau.

Pinned to top / Archive-kan Group

Wa sementara cukup efektif, karena aplikasi ini dibuka hampir setiap 5 menit sekali. Tipsnya, lakukan archive pada wa supapya selalu berada pada posisi teratas chatting. Jadi nggak ada alasan untuk lupa. Kalo nggak gitu, numpuk dan bener-bener bisa lupa sama daftar yang sudah dibuat. Sampe sore gak sadar apa yang seharusnya dikerjakan.

Last Updated on 12 Februari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133) | ...Berjihadlah di jalan Allah dengan harta dan jiwa kalian... (At-Taubah 41) | Dan Kami perintahkan manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya... (Qs. Luqman 14).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.