Artikel ini telah dilihat : 104 kali
1000 subscriber pertama

Membuat konten video yang membawa pada 1000 Subscriber Pertama

Diposting pada

Setelah tahu kunci suksesnya youtuber adalah “konten.” Terus, gimana tahapan untuk membuat materi video yang berkualitas. Sehingga bisa segera meraih 1000 subscriber pertama dan bisa segera monetisasi.

Sebelum lolos untuk pengajuan monetize. Syarat yang lainnya adalah mencapai 4000 jam tayang. Baca disini strateginya!

Sebelumnya, saya ingin menunjukkan lagi lanjutan diskusi saya ke temen yang telah membuat ratusan video dengan niche makanan. Tutorial memasak dan resep.

mendapatkan 1000 subscriber pertama youtube

Kesimpulan yang saya dapet dari temen saya itu, dalam mengelola channel youtube yang bisa menghasilkan rupiah adalah:

  1. Jangan fokus di adsense. Fokus lagi pada konten.
  2. Fokus pada jumlah konten. Jelas ya, soal kualitas gak perlu dibahas. Ini jumlah per minggunya harus terlihat jumlahnya. Konsisten.
  3. Rutin upload, upload yang banyak. Katanya.
  4. Berdoa, sabar & tawakkal. Hargai proses!

Nah, diatas adalah study case yang saya dapet langsung dari temen SMA. Dia dalam waktu sat tahun kurang sudah mendapatkan 1rb subscriber. Pas saya cek barusan, tepatnya 02 februari 2021. Segini jumlah jam tayangnya dan subscribernya sebanyak 120 ribu.

Pro Tips:

Konsistensi dalam pembuatan video lahir dari rasa semangat dan tulus serta bahagia mengerjakannya. Tidak terlalu ngoyo mengejar adsense. Itu yang saya tangkep dari cerita temen saya yang saat ini pun sudah mendapat kan silver. Jangan ikut-ikutan trend! Jadilah dirimu sendiri. Meskipun dengan peralatan lengkap, canggih serta alat pendukung lengkap bahkan ada asistennya sekalipun. Kalo nggak konsisten. Jlang-jling! Nggak akan berhasil. Itulah pentingnya konsistensi.

Tips Membuat konten Video Youtube yang berkualitas

Nah, sekarang kita akan lanjut bahas cara pembuatan videonya. Apa saja yang harus diperhatikan. Berikut ini saya kutip dari beberapa sumber. Ada lebih dari 5 website saya kumpulkan dan saya ringkes isinya.

1. Buat konten pilarnya dulu.

Konten pilar, adalah konten inti. Satu video terbaik yang ada dalam channel teman-teman. Usahakan isinya fokus membahas satu niche topik. Kelola semangatnya dulu, jangan inget-inget adsense. Di awal ini fokus dulu pada pertumbuhan view. Peningkatan kualitas konten video. Dan kuantitas jumlah produksi video. Perbaiki kontennya. Sentuh sisi emosi penonton. Cobalah tulus membuatkan satu video yang paling dibutuhkan, paling penting dan paling bermanfaat berdasarkan niche yang teman-teman kuasai.

2. Libatkan emosi viewer.

Penonton akan ikut merasakan suasana hati apakah kamu itu lagi suka atau lagi bosen nggak mood. Itu karena, apa yang disampaikan melalui video disajikan lengkap baik dalam bentuk visual, suara, nada, lagu, serta mimik wajah yang tidak bisa membohongi penonton. Selalu hadirlah secara original dengan menjadi dirimu sendiri. Ulas ide konten dengan sudut pandang yang baru, yang belum pernah dibawakan oleh youtuber lain. Usahakan sering nonton video milik orang lain, terus kamu bawakan sisi yang belum tersampaikan.

3. Upload video secara persisten & terjadwal. Ini kunci!

Ketika jumlah viewer dan subscriber masih sedikit, jangan pernah malas untuk mengupload video secara berkala dan konsisten. Kesuksesan seseorang adalah, saat dimana menghadapi kegagalan (dalam hal ini mengharapkan jumlah view banyak subscriber besar, tapi masih sedikit karena masih baru memulai). Kuncinya yang berhasil adalah, mereka yang tetap konsisten ngonten, tetap lanjut memproduksi video.

Sementara yang gagal adalah mereka yang berhenti. Seperti sebuah titik balik. Yang terus berjalan, akan menemukan berlian di depan. Yang tidak sabar, ya harus memulai dari nol lagi. Nggak mau kan kamu begitu!

Terus jadwalkan pengunggahan video baru pada setiap pekan, atau di hari-hari tertentu. Ini akan membuat subscriber menunggu. Satu tips lagi, unggahlah video dalam jumlah banyak. Karena itu menunjukkan konsistensi. Kalo belum berjumlah ratusan, jangan harap dapat mencapai 1000 subscriber.

4. Buat konten original & hindari konten reupload

Hindari penggunaan properti yang memiliki hak cipta (copyright). Usahakan pakai aset pribadi atau yang NCS. Percaya deh! Algoritma google itu, akan terus diupdate seiring dengan perilaku penggunanya. Termasuk juga mengenai konten video orang lain yang diupload kembali terus dimonet. Penghasilan bisa saja cepat didapatkan. Tapi yakinlah, itu nggak ada nikmatnya sama sekali. Usaha dengan cara “hit & run” juga nggak berkah hasilnya.

5. Cover & Headline Judul

Coba kamu fokus memperbaiki judul & gambar covernya serta pembuatan deskripsi ringkas yang sesuai konten deh. Cantumkan juga link-link konten yang mengarah ke video lainnya. Supaya penonton mengklik karena ingin tahu lanjutan videonya. Kalau videonya relevan, atau serial pasti akan bikin penasaran dengan endingnya.

Judul menarik itu memicu ingin tahu. Susun judul yang mengandung rahasia atau misteri mengundang penasaran. Berisi pertanyaan, atau sedikit drama akan menambah penonton ingin tahu isinya. Terus untuk membuat cover thumbnail yang menarik, tampilkan inti paling epik didalam video. Taruh ini di cover. Ukuran cover gunakan perbandingan 19:6

6. Buat playlisy sejenis dan spesifik.

Supaya audiens penasaran. Pasang juga fitur card. Fitur card adalah rekomendasi video yang biasanya muncul di bagian akhir video yang sedang ditonton.

Oke, cobalah teman-teman adopt! Ringkasan diatas. Semoga bisa meraih 1000 subscriber pertama temen-temen. Nikmati saja, jangan terlalu spanneng tapi tetep berkarya. Sedikit-sedikit tapi sering itu jauh lebih baik dari pada sekaligus dalam jumlah banyak. Itu akan mudah tepar!

Last Updated on 7 Februari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133) | ...Berjihadlah di jalan Allah dengan harta dan jiwa kalian... (At-Taubah 41) | Dan Kami perintahkan manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya... (Qs. Luqman 14).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.