Artikel ini telah dilihat : 206 kali
redirect domain blogspot

Tips ngeblog dengan blogger, berdomain dot-com, bisa dimonetize, biayanya sangat terjangkau

Diposting pada

Sekali lagi, tujuannya adalah paling hemat budget (ekonimomis). Terus domainnya sudah menggunakan top level domain seperti dot-com. Kalo memang tujuan untuk publisher nanti beda lagi platformnya.

Nah buat teman-teman yang baru mau ngeblog. Jangan lupa untuk memiliki tujuan versi teman-teman sendiri. Biar aktivitas ngeblognya menyenangkan. Tidak terhalang oleh aturan-aturan yang seringkali ditakutkan oleh para blogger. Sehingga aktivitas ngeblog teman-teman tersendat. Terhambat. Ujung-ujungnya gak pede. Lalu mandeg.

Teknis alurnya adalah sbb.

  1. Buat akun blogger
  2. Beli domainnya
  3. Setting ke redirections
  4. Isi konten, done!

Ya, semudah diatas langkahnya. Ilustrasi singkatnya adalah. Teman-teman ngeblog pakai blogger atau umum disebut blogspot. Disitu, sudah disediakan hosting dari google. Sudah ada tempat untuk menyimpan datanya. Jadi gak butuh self-host. Terus, redirect ke domain sendiri yang sudah dibeli. Beres, tinggal ngisi konten.

Untuk step-step secara rincinya saya akan urai dibawah ini beserta tutorialnya. Disimak pelan-pelan aja ya.

1. Platform Blogger Jawabannya

Dari sekian banyak platform blogging yang menyediakan hosting gratis, wordpress.com dan blogger.com lah yang paling populer dipakai. WordPress dari perusahaan automattic. Blogger dari google. Sama-sama ngasih space, alias ruang penyimpanan data buat nulis, naruh gambar, naruh file. Bahkan tema-nya, sekalian sudah disediakan.

Hanya saja, keduanya beda-beda dalam ngasih ruang kapasitas simpan. Kalo wordpress.com hanya 3gb. Kalo blogspot 15gb. Kalau untuk keperluan nulis artikel doang, 3 gb misalnya yang dari wordpress itu sudah sangat cukup. Apalagi 15 gb.

Hanya saja, ada keterbatasan pada wordpress.com untuk keperluan monetize. Tidak seperti blogspot, yang merupakan produk dalemnya google sehingga bisa didaftarkan google adsense. WordPress.com nggak bisa didaftarkan program google adsense. Dia bisanya melalui program wordads.

Jadi, platform bloggerlah jawabannya. Yang memenuhi kriteria seperti judul artikel ini.

2. Cukup modal beli domainnya saja

Jadi, untuk ngeblog dengan domain kita sendiri. Misal, nama kita. Perusahaan kita. Teman-teman harus beli domain.

Tidak ada yang namanya domain dot-com didapatkan secara gratis. Kecuali, hadiah. Harga domainnya juga sangat terjangkau. Diperpanjang setiap satu tahun. Rata-rata harga domain dot-com, sekitar 128ribu an kalau belum naik. Kalo dibagi dalam waktu harian, maka sehari itu bayarnya Rp. 350,684 sangat worted it! Lah, buat naikin personal branding temen-temen agar mudah diingat dan jauh lebih singkat ketimbang makai sub-domain gratis, seperti misalnya introveritukeren.blogspot.com

Belinya dimana, mas?

DomaiNesia

Hmm, ada banyak yang nyediain. Tapi, kalo temen2 nanya ke saya biasanya beli di atas. Itu adalah link affiliate saya, kalo temen-temen mau beli dan ngasih sedikit effort karena mengetahui infonya dari sini, bisa membeli domain melalui link affiliate saya. Harga temen2 nggak bertambah, bedanya cuma ngasih sedikit effort ke saya. And, i thanks it so.

3. Cara setting redirect blogger ke domain sendiri

Nah, disini agak teknis. Diawal, terasa cukup rumit. Tapi pas sudah dimulai langkahnya, mudah kok. Sedikit menantang aja !

Jadi, sebelum diredirect. Teman-teman harus sudah punya blog dulu dari blogger. Misalnya, melati.blogspot.com kalo sudah ada isinya. Gak jadi masalah. Justru bagus, karena sudah tinggal lanjutin aja ngeblognya.

Tapi kalo belum punya, ya daftar dulu. Terus langsung diredirect tanpa ada isi artikelnya, pun bisa juga.

Disini, saya anggap temen-temen udah punya akun blogger. Anggap, namanya melati.blogger.com serta sudah beli nama domain dot-com, misal melati.com

Sekarang, tinggal lakukan proses redirections. Ini bagian paling menantangnya. Kerjakan sendiri, lebih afdhol. Hehe!

  1. Login ke client area
  2. Buka dns zone editor
  3. Klik tab add on
  4. Masukkan 2a record
  5. Masukkan 4 ip google
  6. Aktifkan butron redirect di blogger
  7. Tunggu sekitar 5-10 menit
  8. Tes, dengan mengetikkan melati.com di browser. Kalau muncul, berarti langkahnya berhasil. Kalau belum muncul, cek pakai hp atau pc lain buat buka. Atau nunggu lagi sebentar. Atau koreksi langkahnya. Mungkin ada yang belum tepat.

Nah, selesai sudah. Sekarang kalian sudah punya akun blog dengan domain dot-com, dengan free hosting dari google.

Waktunya ngonten. Nulis blog. Dan mengoptimasinya. Untuk teman-teman yang masih bingung, bisa komen di bawah ini aja ya.

Last Updated on 9 Januari 2021

Gambar Gravatar
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Al - Imran: 133)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.