Waman yattaqillaha yaj’al lahu makhroja

Diposting pada

Waman yattaqillaha yaj’al lahu makhroja, teringat sama ayat ini. Terdapat dalam surat at-thalaq: 2-3. Ceritanya pas saya lagi buka instagram, terus lihat postingannya mas Jaya Setiabudi yang mempublish fotonya Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al-Malik.

Wallahu a’lam, nggak tahu kenapa sehabis lihat foto diatas. Terus baca post yang ditulis Mas J. Saya langsung tiba-tiba teringat akan energi “Taqwa” kepada Allah. Ada orang-orang yang terjaga seperti beliau diatas ini dalam hal taqwa kepada Allah. Fokus mengejar akhirat, namun dunia justru mengituti. Jadi sama sekali nggak kelihatan pusing-pusingnya blas, mikirin dunia. Itu sih yang membuat saya tiba-tiba ingat ayat seribu dinar:

“Waman Yattaqillaha Yaj’allahu Makhrajan Wa Yarzuqhu Min Haithu La Yahtasib. Waman Yatawakkal ‘Allahi Fahuwa Hasbuh. Innallaha Balighu Amrihi Qad Ja’alahullahu Likulli Syaiin Qadra.” Qs. At – Tholaq: 2-3

“..Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah (dengan mengerjakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya), niscaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar (dari segala perkara yang menyusahkannya), (2) Serta memberinya rezeki dari jalan yang tidak diduga-duga (terlintas di hatinya) dan (Ingatlah), barang siapa berserah diri hanya kepada Allah, maka Allah cukupkan baginya (untuk menolong dan menyelamatkannya). Sesungguhnya Allah tetap melakukan segala perkara yang dikehendakiNya. Allah telahpun menentukan kadar dan masa bagi berlakunya tiap-tiap sesuatu.”

Taqwa itu mudah. Cuma menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya

Saya juga merasa cukup suntuk sama kehidupan modern saat ini. Saya merasakan begitu jauh perubahan yang terjadi antara kehidupan sekarang dengan kehidupan saya sewaktu kecil dulu. Terlebih kehidupan agama. Terkhusus kondisi pandemi gini. Mau sholat ke mesjid aja, ujiannya Masyaa Allah! Tapi ya harus tetap ke mesjid. Sebab, kalo hari jumat saja kalian bisa ke mesjid terus apa bedanya dengan sholat yang lima waktu biasa.

Jangan sampai lewatkan subuh dan ashar. Sebab shalat shubuh disaksikan para malaikat. Sementara sholat ashar adalah solat wusto. Lalu untuk sunnahnya, usahakan betul bisa tahajjud. Karena akan sangat tenang hatinya kalo bisa terlaksana shalat tahajjud dan lanjut nggak tidur sampai pagi. Setelah tahajud diisi sama baca alquran, sholat dua rakaat sebelum shubuh, istigfar menjelang waktu sahur dan setelah shubuh menulis. Kamu udah jadi pemenang!

Selanjutnya, di waktu siang saat kamu mengerjaan urusan yang panjang niatkan menjalani aktivitas untuk “Dzikir” kepada Allah dan hatinya senantiasa mendenyutkan lafadz “Astagrifullahaladzim” seterusnya sampai malam lagi, sampai pagi lagi. Biar tertanam dalam hatimu asma Allah. Hati bersih dan lembut.

Taqwa itu mudah, cuma menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Cuma yang susah itu melaksanakannya. Merutinkannya. Menjaga-nya. Tapi jangan khawatir, terus berusaha untuk taqwa sebisa semampu kamu. Ingat fadhilah taqwa kata Allah: “Waman yattaqillaha yaj’al lahu makhroja” kalo kamu punya masalah akan dibantu solusinya. Jalan keluarnya. Jadi jaga terus “Taqwa”

Last Updated on 25 Maret 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.