4 Jenis Kepribadian Menurut Florance Littauer

Diposting pada

Didalam ilmu psikologi, ada 4 kepribadian menurut Florance Littauer. Yaitu: Koleris, Sanguin, Plegmatis, Melankolis. Masing-masing kepribadian ini, pastinya punya kelebihan dan kelemahan.

Jadi, nggak ada kepribadianyang paling baik ataupun paling buruk. Sekali lagi, nggak ada.

Yang paling baik, adalah yang bisa memaksimalkan diri dengan kepribadian yang dimilikinya. Sampai sukses. Berhasil!

Florance Littaer

Baiklah, langsung saja. Jadi apa saja keempat kepribadian itu? Kamu termasuk tipe yang mana?

Tujuan mengetahui karakter kepribadian ini, supaya setiap orang bisa lebih memaksimalkan sisi kelebihannya dan mengurangi kekurangan-kekurangan yang ada.

Sehingga, fokus setiap orang bukan pada “melengkapi yang kurang” untuk mencapai sukses.

Melainkan “fullfill” pada bakat yang telah dimilikinya, fokus habis pada kelebihannya untuk maju dan berkarya.

Koleris

Kepribadian satu ini, memiliki kecenderungan sebagai pemimpin. Koleris, sang pemimpin.

Karakter yang dimiliki koleris adalah suka bertindak cepat, to the point, tidak memikirkan perasaan orang lain, berorientasi pada hasil, nggak suka disuruh-suruh dan berjuwa adventure alias menyukai petualangan.

Koleris memiliki inisiatif dan ide-idenya sangat diperlukan dalam sebuah komunitas. Dapat berfikir visioner (jauh ke depan), tidak menyukai pergerakan lambat (lelet), bekerja super cepat.

Kekurangan koleris, adalah dari sisi emosi yang tidak terkontrol, mudah marah hingga meledak-ledak dan kurang sabar. Orang tipe ini, perlu dikasih ruang untuk menyalurkan jiwa kepemimpinannya dan serta ide-iidenya.

Sanguin

Sanguin atau dikenal dengan si Gaul. Kepribadian ini suka dengan kegiatan yang tidak beraturan, alias acak, random. Ia sangat tidak menyukai hal yang beraturan, berulang-ulang.

Ia suka dikelilingi banyak orang, suka sosialisasi, dan bergaul. Sama pujian, si sanguin ini, memang sangat memperhatikan.

Kelemahan sanguin adalah mudah lupa. Sehingga dia harus belajar tentang kesisiplinan lebih banyak. Kelebihan sanguin adalah sosialita, sehingga dia akan menjadi trend-setter, berprestasi dalam suatu organisasi atau kelompok.

Melankolis

Dia sering dijuluki si perfeksionis. Kepribadian ini sangat menyukai sesuatu yang detail. Kerapihan, kebersihan, keteraturan dan praktis. kalo mau berkomunikasi dengan orang melankolis, perlu urutan, perlu rincian yang jelas, dan jangan lewat lisan. Melainkan lebih baik lewat tulisan.

Si melankolis, sangat suka membaca. Kalo dia membaca buku, akan berurut, teratur hingga selesai. Biasanya melankolis ini si kutu buku, bintang kelas, berprestasi, jago dan ahli. Hanya saja, dia memiliki kekurangan dalam hal sosialisasi.

Dia juga mudah khawatir, cemas, bahkan depresi. Didalam fikirannya, dia selalu berusahan untuk perform dengan sempurna. Ketika menghadapi sesuatu hal, biasanya dia akan menghadapi banyak fikiran negatif. Ini menjadi tantangan bagi si melankolis.

Jadi, buat si melankolis tingkatkan terus skill dan prestasimu. Dan latih ketenangan berfikir serta sosialisasi yang rileks. Oke ya,..

Plegmatis

Kepribadian yang paling bontot, yaitu plegmatis si stabil. Kenapa dikatakan stabil, karena plegmatis menyukai sesuatu yang berulang-ulang, yang pasti-pasti aja, yang jelas. Tidak menyukai kebiasaan atau sesuatu yang tidak pasti, berisiko, naik-turun.

Ia cenderung melakukan sesuatu dengan cara yang sudah terbukti, teruji. Serta lebih memilih aman, ketimbang berisiko.

Karakter ini memiliki kelebihan sebagai penyeimbang dan sangat dibutuhkan dalam komunitas karena menghadirkan ketenangan, kedamaian, kebijaksanaan.

Plegmatis sangat hati-hati membuat keputusan. Dia juga sangat perhatian dengan sesama-nya. Namun, kadang orang disekelilingnya tidak menghargai keberadaannya.

Tidak mengakui peran-nya. Ini yang menjadi tantangan si plegmatis yang sulit dalam bersosialisasi, dan mendapatkan teman.

Last Updated on 10 Januari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.