Tenang, ada 40 jenis pekerjaan yang cocok buat Introvert

Diposting pada

Semua orang bekerja. Tapi, nggak semuanya selalu bahagia dengan pekerjaannya. Begitu juga introvert. Sangat dianjurkan bekerja sesuai dengan passion yang bikin bahagia. Sebab bekerja itu bukan soal uang aja tapi juga kebutuhan psikologis.

Bagi orang introvert yang sifatnya tertutup. Apakah karakter yang seperti ini lantas jadi sulit dapat pekerjaan, tidak mungkin untuk sukes?

Tentusaja nggak benar jika introvert nggak bisa sukses. Justru ada sangat banyak bukti kalo orang dengan kepribadian introvert malah lebih sukses dalam berkarir & berbisnis.

Misalnya Bill Gates dengan Microsoft-nya. Elon Musk & Jeff Bezos yang ganti-gantian berebut posisi sebagai The Richest Peoples. Ia juga introvert.

Mark Zuckerberg, Steve Job, Steve Wozniak, Jk. Rowling, Susan Cain, Warrent Buffet, Presiden Obama, Oprah Winfrey, Zenedine Zidane, Tiger Wood, Albert Einstein, Mahatma Gandi serta masih banyak lagi figur, tokoh introvert yang sukses lainnya.

Mereka semua terlahir dari rahim kepribadian introvert.

Jadi kenapa masih ragu dengan karakter introver yang pada dasarnya sangat mendukung lebih kreatif dalam bekerja. Ketimbang extrovert maupun ambivert.

Kesimpulannya bahwa. Introvert sangat bisa untuk sukses. Bahkan sukses menunggumu!

Tak ada salahnya, kamu cari pekerjaan yang cocok sesuai kepribadian-mu.

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah pekerjaan yang paling sesuai dengan passion kamu. Setidaknya bakat alias passionate ini bagian dari konsep ikigai.

Buat kepribadian introvert. Coba kombinasikan pekerjaan dengan jenis bidang yang paling cocok. Paling besar hasilnya. Paling dikuasai serta, paling dibutuhkan pasar.

Memang tidak sekali milih jenis pekerjaan akan langsung cocok. Tidak begitu, meski mungkin saja ada bagi yang beruntung dan langsung menemukan sesuai dengan momentumnya.

Tapi, pada umumnya. Tokoh sukses diatas mesti jatuh bangun dulu dan berjuang selama bertahun-tahun, tak tentu juga sih. Beda-beda waktunya untuk bisa meraih tangga sukses dalam karir dan bisnis mereka.

Upaya bangun dari kegagalannya, harus lebih banyak daripada upaya menyerah karena tidak kuat dengan jalanan sukses yang menanjak, terjal, curam dan tak menentu.

Untuk bisa ketemu dengan bekerjaan yang benar-benar merupakan panggilan jiwa-nya, kamu haruslah menjalani serentetan ceritamu sendiri. Bukan cerita orang lain.

Bangun sekarang juga keseruan story perjalanan hidup kamu, catatlah kegagalan, tulislah peristiwa jatuh-bangun-bangkit dan beritahukan keajaiban yang ada saat kamu berada pada titik terendah ataupun ketika pada akhirnya mencapai puncak impian.

Ukuran pekerjaan yang layak bagi introvert menurut saya.

1. Halalan-Thoyyiban. Berkah adalah prioritas nomor satu.

Selagi pekerjaan itu halal, jenis pekerjaan itu masih sangat layak untuk digeluti. Terlebih untuk muslim, syarat ini tidak bisa ditawar lagi.

Karena pekerjaan bukan soal uang semata, melainkan juga soal berkah, soal dunia & akhirat, soal syurga dan neraka. Selalu jadikan “keberkahan” sebagai harga yang tak bisa ditawar dalam memilih pekerjaan.

Jangan pernah nekat menerima pekerjaan dengan gaji tinggi tapi haram. Atau tidak dibolehkan islam. Ini note khusus muslim, ya.

2. Pekerjaan yang bersifat panjang (continously). Asset-able.

Perlu dipertimbangkan lagi. Carilah pekerjaan yang tidak selesai dalam sehari atau sebulan. Artinya saat pekerjaan itu selesai, dapat upah dan habis sudah. Tak ada dampak untuk kedepannya.

Ya barangkali tetap ada impact dari pekerjaan itu, tapi kecil atau sangat kecil. Pekerjaan semacam ini perlu kamu kurangi porsinya. Terus kalau bekerja gimana?

Nah, benar. Mungkin pekerjaan sebagai karyawan sedikit banyak paling mendekati sebagai jenis pekerjaan yang tidak panjang. Kenapa, kok saya bilang gitu.

Idealnya kamu tidak akan seterusnya bekerja di tempat kamu saat ini. Akan ada saatnya kamu keluar, resign atau bosan.

Akan ada waktunya kamu ingin berbisnis sendiri, mencoba tantangan pekerjaan yang lebih membahagiakan dan menentramkan. Meski hasilnya cukup. Tapi ringan dibawa, anak-istri sehat-sehat.

Jadi pikirkan jenis pekerjaan apa yang dalam sekali dikerjakan. Masih akan memberi impact jangka panjang. Menyumbang rupiah terus-terusan. Bermanfaat dari waktu ke waktu. Bahkan menaikkan revenue value yang signifikan seperti properti atau assetable item.

Kalo ditanya jenis pekerjaan apa yang masuk dalam daftar nomor 2? Saya mungkin menjawab: Penulis, Blogger, Investor, Content Creator, Entrepreneur.

Singkatnya,..

Bukan besarnya gaji, atau tingkat kemewahan, prestiousnya jenis pekerjaan atau bidang yang wah yang menjadi tolok ukur utama.

Melainkan kebermanfaatan, kehalalan, dan ketepatan sesuai dengan passion-lah, serta pekerjaan yang bersifat panjang-lah yang perlu untuk diperhatikan. Dicari dan diburu.

40 pekerjaan yang cocok untuk introvert

  1. Penulis. Menulis adalah ucapannya introvert. Nulis adalah pekerjaan paling pas buat semua orang introvert.
  2. Blogging. Disini introvert bisa mendulang uang. Blog itu medianya. Ngeblog, itu pekerjaannya. Saran saya pelajari Adsense, cara menjual produk fisik, digital serta jasa untuk menghasilkan uang dari blog.
  3. Arsitek. Ini alasannya!
  4. Desainer. Ngedesain itu seperti nulis. Cuma bentuknya visual. Pas buat juga introvert. Kamu bias ambil spesialisasi di logo design, web design, atau promosi.
  5. Notaris. Merupakan jenis pekerjaan professional yang bisa dikerjakan sama orang introvert. Bisa single fighter, tapi hasilnya sangat lumayan.
  6. Therapis,
  7. Dentist
  8. Teknisi
  9. Akunting Manager
  10. Youtubber
  11. Chef/Koki
  12. Programmer
  13. Scientist
  14. Fotografer
  15. Sopir Pribadi
  16. Marketer Online
  17. Farmers
  18. Barista
  19. Peternak
  20. Pebisnis
  21. Agen Properti
  22. Advertiser
  23. Seo Spesialis
  24. Videomaker
  25. Guide / Pemandu Wisata
  26. Pelukis
  27. Investor
  28. Guru Privat
  29. Aktor Film
  30. Carpenter
  31. Penjual Tiket Online & Pulsa All Operator
  32. Pemilik server pulsa
  33. Pembuat Aplikasi
  34. Developer Properti
  35. Pemilik Waralaba
  36. Tukang Cukur
  37. Penjahit
  38. Penjual Sayur
  39. Cleaning Service
  40. Penyiar Radio
Jenis pekerjaan introvert
Jenis Pekerjaan yang ideal untuk si introvert – Sumber Instagram

Sebaik-baik pekerjaan adalah hobi yang dibayar. Sebaik-baik pekerjaan adalah yang dikerjakan dengan tangannya sendiri. Jadi apakah pekerjaanmu sekarang adalah panggilan jiwamu atau belum?

Tidak sulit untuk menjawab, karena bisa didapatkan melalui hati dan perasaan (feeling) kamu. Jika belum, semangat terus karena hidup ini terus berubah. Kita memang harus siap dengan perubahan. Begitu juga profesi kita. Harus siap menghadapi berbagai kondisi yang berbeda dari waktu ke waktu.

Tugas kita sekarang yaitu mempersiapkannya, dengan persiapan yang lebih baik!

Last Updated on 8 April 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.