7 Skill Wajib yang harus dimiliki untuk Tumbuh

Diposting pada

Skill ada, karena dilatih. Keahlian tidak dibawa sejak bayi lahir. Tak ada satupun bayi yang ketika lahir langsung mahir.

Mereka butuh belajar, berlatih dan berusaha melakukan pilihan dari skill apa yang mau diambil. Itulah sebabnya, skill tiap orang beda-beda.

Juga yang jadi sebab, kenapa rezeki orang berbeda bahkan dalam kesamaan yang masih sama alias hampir tidak beda jauh.

Maksud saya, misalnya dalam suatu ruang instansi dimana karyawan memiliki gaji yang sudah ditetapkan dalam satu bulan sama dengan lainnya.

Namun ada saja, karyawan yang berprestasi dan pada akhirnya mendapatkan nilai tambah.

Akan beda lagi dengan karyawan yang lainnya, bisa terjadinya pemakaian uang yang lebih cepat habis misalnya.

Intinya adalah, kenapa sama-sama dalam sebuah garda, tapi tetap berbeda dalam hal rizki.

Kenapa Skill Penting ?

Ya, itu karena satu orang memiliki value (nilai tambah) sedangkan yang lainnya tidak. Apa value-nya. Dalam hal ini, saya akan bahas skill.

Dimana setiap orang bisa mengusahakan kemampuan untuk bisa. Kemauan untuk belajar. Bicara skill, adalah bicara soal kemauan.

Ketahanan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas. Yang akan menjadi pembeda satu dengan lainnya.

Setiap orang wajib memiliki skill berikut ini untuk tumbuh, maju dan memimpin diri sendiri serta team-nya.

1. Leadership

Jangan pernah bekerja sendiri, libatkanlah orang lain. Meski Anda seorang karyawan. Pertanyaannya, apakah bisa?

Bagaimana caranya. Tentu, sangat mudah untuk menjawab tidak bisa. Ya, intinya bukan itu yang saya minta dari Anda.

Yang saya inginkan adalah, Anda berfikir bagaimana ya caranya. Gimana supaya bisa dilakukan secara halal serta legal.

Karena dengan melibatkan orang lain, pertama prinsip yang dikerjakan menjadi “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.”

Serta menggunakan konsep “sebuah sistem.” Tahu sistem, ya. Nggak ada sistem yang hanya satu, pasti melibatkan unsur lainnya. Melibatkan orang banyak.

Meski juga jika dilakukan, akan ada bonus lain jika melibatkan orang lebih banyak serta akan mendatangkan nilai yang lebih besar, pekerjaan lebih ringan, kebahagiaan didapat karena melibatkan orang lain artinya memberi kesempatan kita untuk berbagi rezeki.

Tapi, yang jauh lebih inti dari itu semua adalah membuat Anda jadi belajar memimpin. Memaksa Anda jadi bermental seorang leadership.

Kepemimpinan terhadap orang lain, adalah tentang kepemimpinan terhadap diri sendiri.Introvertdad

Bagaimana ia dalam menempa (kepemimpinan terhadap) dirinya sendiri. Kalo memperlakukan dirinya sendiri dengan disiplin tinggi. Ia saat dengan orang lain juga akan menerapkan disiplin yang tinggi.

Buat temen-temen yang sudah berkeuarga. Tempa diri anda untuk memimpin mereka.

2. Public Speaking

Setiap orang seharusnya menjadi pendongeng yang baik. Berbicara adalah kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk sosial. Terlebih perempuan, yang bisa mengeluarkan 20.000 kata dalam sehari.

Sedangkan berbicara yang baik, butuh ketrampilan. Berkata-kata yang dalam, butuh jiwa yang tenang.

Jika Anda seorang pemimpin maka skill public speaking wajib Anda kuasai. Karena ini kunci kesuksesan dalam segala hal.

3. Copywriting (Menulis)

Menulis adalah dasar dari bentuk sebuah komunikasi. Menulis tak kalah penting seperti public speaking atau juga mendesain.

Hanya saja, menulis tidak terlalu menakutkan karena apa yang akan ditulis bisa dipikirkan dahulu. Tidak spontan serta mendadak. Terucap, tanpa bisa ditarik ataupun dikoreksi.

Menulis ini enak sekali. Menulis adalah seni. Juga passion.

Ada banyak tulisan yang membutuhkan skill dan keterampilan khusus. Setiap tulisan itu, punya marketinya sendiri-sendiri. Kegunaan beda sesuai dengan keperluannya.

Misal, menulis untuk blog beda dengan menulis untuk novel atau buku. Menulis untuk produk berbeda dengan teknik menulis untuk SEO misalnya. Jadi, pastikan kuasai jenis-jenis tulisan di pasarmu.

Menulis untuk blog itu, menulis untuk discann istilahnya. Sampaikan secara detil, to the poin. Beri visual menarik. Emosi dari hati juga. Serta kata-kata yang mengandung keyword.

Meulis untuk buku, harus bisa menyihir pembaca. Membuat ending yang tak tertebak. Penuh dengan currious, rasa penasaran. Runut. Serta kaya referensi.

Menulis untuk iklan produk, atau dikenal dengan istilah membuat teks copy iklan. Atau copywriting. Juga punya tips khusus. Biasanya yang sering adalah menggunakan teknik AIDA, AIDCA, PAS, DLL.

4. Menjual

Setiap orang adalah penjual. Siapa saja harus bisa menguasai skill ini. Menjual diri, artinya bisa menawarkan bantuan serta kelebihan yang kita miliki untuk mendapatkan manfaat.

Menjual sangat krusial dalam hal bisnis dan mendapatkan uang. sedangkan uang adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Untuk itu skill menjual wajib banget deh dikuasai. Terus dilatih seiring dengan model perkembangan zaman. Terlebih saat ini, kata mas darmawan aji adalah zamannya menjual. 90% orang sukses harus bisa menjual.

Pembahasan soal marketing dan seni menjual tak akan pernah ada habisnya. Ilmunya terus berkembang. Kompetitif. Serta Seru.

Ada banyak istilah yang wajib dikuasai, seperti buyer persona, market segmentations, market temperatur, dll.

5. Investasi

Orang yang mahir dan menguasai investasi, adalah orang yang spesial. Karena dia paham betul arti sebuah persiapan. Prinsip investasi adalah bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian.

Berkorban 5 tahun pertama. Rekoso dulu. Susah-susah dulu. Tapi di tahun ke-6 dan seterusnya makin ringan kerjanya. Makin besar bisnisnya. Tenaga yang dibutuhkan makin sedikit. Profit yang didapat makin gede.

Beberapa instrument investasi yang perlu dipelajari adalah saham, properti, lm.

6. Financial

Bicara finansial itu bicara soal uang. Ngerti apa itu uang. Tahu prinsip cara dapetin uang. Paham dimana uang berada. Skill financing ini prinsipnya harus jago dalam dua hal. Pertama cerdas ngebagi kebutuhan sekarang kedua jago mengalokasikan dana buat kebutuhan masa mendatang.

Setiap problem keuangan memiliki solusinya sendiri-sendiri. Kekurangan uang, atau kelebihan uang menimbulkan masalah yang berbeda. Pelajari banyak buku tentang finansial.

Dengan investasi ilmu ini. Sekali aja, susah-susah memahami ilmu ini. Tapi sepanjang waktu setelah anda tahu, akan banyak kemudahan yang didapat.

7. Spiritualis

Setiap orang mungkin punya sisi spiritual tersendiri. Baik muslim maupun non muslim. Intinya orang yang spiritualnya bagus akan lebih Streng jiwanya.

Lebih tenang, lebih tentram. Jarang stress. Karena dengan modal keyakinan yang kuat, akan mampu menyelesaikan persoalan hidup yang dialaminya.

2 komentar

    1. Keren mas. Justru, ini yang sedang saya pelajari mas. Menulis. Hehe.. Mase, udah banyak tulisannya. Keren2,.. Semangat terus mas..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.